Upaya Mensinergikan Kinerja Program Studi Melalui ALKALINE (Aplikasi Layanan Informasi Program Studi Pendidikan Kimia Berbasis Online)

Aliefman Hakim, Eka Junaidi, Saprizal Hadisaputra, Supriadi Supriadi

Abstract

Berlakuknya era revolusi industri 4.0 berdampak pula pada pergeseran kebiasaan individu dalam kehidupannya. Hal ini menntut program studi pendidikan kimia juga terbiasa dengan adanya teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan Aplikasi Layanan Informasi Program Studi Kimia Berbasis Online (ALKALINE) sebagai upaya mensinergikan kinerja program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Mataram. Untuk mengembangkan sebuah aplikasi layanan informasi berbasis online dapat dilakukan menggunakan metode waterfall. Metode ini sangat terstruktur dan bersifat linier dengan pendekatan yang sistematis dan sekuensiel yang dimulai dari tingkat analisis, perancangan, implementasi (pemrograman), pengujian, pengoperasian, dan pemeliharaan (implementasi). Sedangkan untuk mengembangkan websitenya sendiri menggunakan aplikasi sumber terbuka (open source) yang dikenal sebagai mesin blog (blog engine) yang dikenal dengan WordPress. Berdasarkan atas apa yang sudah dilakukan dalam penelitian ini, pengembangan aplikasi layanan informasi program studi kimia berbasis online (ALKALINE) sudah sampai tahapan pengoperasian (sekitar 85%). Aplikasi layanan informasi program studi berbasis online yang sudah dikembangkan dapat dikunjungi pada alamat: http://fkip.unram.ac.id/pkimia.

 

Kata Kunci : ALKALINE, Aplikasi, Layanan, Informasi, Program Studi, online


Full Text:

PDF

References

Ariasari, F. (2010). Panduan Praktis Bikin Blog dengan Wordpress. Mediakita.

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118

Agung, A. R., Kridalukmana, R., & Windasari, I. P. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Layanan Jasa Cleaning Service Berbasis Web Dan Mobile Di Liochita Cleaning Semarang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 34. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.34-43

Junaidi, E., Anwar, Y,A,S., Hadisaputra, S., (2018). Kajian Tracer Study Sebagai Upaya Penguatan Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Mataram Laporan Penelitian PNBP 2018.

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Jurnal Shautut Tarbiyah, 24(1), 109–126.

Munaiseche, Cyndi P. C., Ramadhani, Cipta dan Tajidun, Laode Muhamad. (2010). Sistem Informasi Pengolahan dan Pelayanan Pelanggan PT. PLN Wilayah Manado Berbasis WEB. Jurnal JUITA. 1(1): 12-18.

Pressman, R.S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta : Andi Offset

Rahadi, D. D. R. (2007). Peranan teknologi informasi dalam peningkatan pelayanan di sektor publik. Seminar Nasional Teknologi 2007 (SNT 2007), 2007(November), 1–13.

Simarmata, J. (2010). Rekayasa web. Penerbit Andi.

Watung, I. A., & Sinsuw, A. A. (2014). Perancangan sistem informasi data alumni fakultas teknik unsrat berbasis web. Jurnal Teknik Informatika, 3(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.