Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa

Lara Pebriana, Sukib Sukib, Eka Junaidi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Labuapi Lombok Barat. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk nonequivalent control group design post-test only. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X MIA SMAN 1 Labuapi. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan tipe Group Investigation (GI) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran (Problem Based Learning). Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (0,542) < ttabel (2,021) yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit pada siswa kelas X MIA SMAN 1 Labuapi Lombok Barat.

 


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Chemistry Education Practice is indexed by