Pengembangan Buku Ajar Fisika Dasar I Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Memotivasi Mahasiswa untuk Belajar Mandiri

Habibi Habibi, Lovy Herayanti

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan buku ajar Fisika Dasar I yang berbasis self regulated learning yang dapat memotivasi mahasiswa di dalam belajar mandiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu Development and Research dengan mengadopsi tahapan model pengembangan 4D yaitu  Define (pendefinisian), Design (perancangan),  Develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan). Tahap Define dilakukan untuk menentukan karakteristik produk buku ajar yang dikembangkan melalui studi pendahuluan. Pemilihan format pembuatan buku ajar dilakukan pada tahap Design untuk menghasilkan draft I. Tahap Develop dilakukan untuk menghasilkan draft II, draft III, dan produk akhir dari buku ajar yang dikembangkan. Draft II diperoleh melalui hasil revisi validasi ahli yang direkomendasikan. Draft III merupakan hasil yang diperoleh dari uji kelompok kecil diambil secara random. Produk akhir pengembangan diperoleh dari hasil uji lapangan pada mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Dasar I. Hasil validasi buku ajar serta perangkat pendukungnya menunjukkan kriteria “sangat layak” untuk digunakan serta dapat memotivasi belajar mahasiswa secara mandiri

Keywords

Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

References

Ellinawati, S. W. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Matematika Berbasis Self Regulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol. 8, 33-40

Nono H. Y. (2010). Hubungan antara Self-regulated Learning dengan Self-efficacy pada Siswa Akselerasi Sekolah Menengah Pertama di Jawa Timur. Fakultas Psikologi UNAIR. INSAN, Vol 12, No. 02

Omid Tabatabaei dan Golnaz Arjmand (2013). The Relationship of Self-Regulated Learning and Motivational Learning Strategies with Intermediate EFL Learners' Achievement. Life Sci J Vol.10 (1s) No. 177-181

Thiagarajan, S., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children “A Sourcebook”. Indiana University Bloomington : Indiana

Uno, Hamzah, B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zemmerman J. B. et al. (2002). Becoming Self-Regulated Learner: and Overview. Colloge of Education, The Ohio State University, Theory Into Practice, Vol. 41 No. 2, 64-70. Diakses tanggal 19-10-2013

Zumbrunn, S. et al. (2011). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature. Metropolitan Educational Research Consortium (MERC) : Virginia Commonwealth University. Diakses tanggal 19-10-2013

Refbacks

  • There are currently no refbacks.