Pengaruh Model Direct Instruction Berbantuan Simulasi Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Siswa

Baiq Ida Arianti, Hairunnisyah Sahidu, Ahmad Harjono, Gunawan Gunawan

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Praya. Sampel penelitian diperoleh siswa kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA-2 sebagai kelas kontrol. Data penelitian dianalisis dengan uji-t polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan diperoleh hasil thitung =2,54  dan ttabel = 2,02. Oleh karena thitung >ttabel, maka dapat disimpulkan bahwa model direct instruction berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa

Keywords

Model Direct Instruction, Simulasi Virtual, Penguasaan Konsep

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Arends, R. 2008. Learning to Teach-Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Trianto. 2012. Model Pembelajran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Gunawan. 2015. Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP UNRAM.

Mujis, D. & Reynolds. D. 2008. Efeective Teaching Teori dan Aplikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gunawan., Setiawan. A. & Widyantoro, D.H. 2013. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 20, No. 1: 25-32.

Dahar, R.W.. 2003. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Gelora Aksara Prima.

Laili, S.W.D. & Suliyanah. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Mengintegrasikan Pendekatan Keterampilan Proses terhadap Kompetensi Belajar Siswa Kelas X Semester II SMAN 1 Wonoayu. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. Vol. 02, No. 03: 80-84.

Suhandi. A., Sinaga. I., Kaniawati. E. & Suhendi. 2009. Efektifitas Penggunaan Media Simulasi Virtual pada Pendekatan Pembelajaran Konseptual Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengurangi Miskonsepsi. Jurnal Pendidikan Fisika FPMIPA UPI. Tersedia di. konsep fisika : http://repository.upi.ac.id/487/ (diakses tanggal 15 maret 2016).

Sumargo, E. & Yuanita. L. 2014. Penerapan Media Laboratorium Virtual (Phet) pada Materi Laju Reaksi dengan Model Pengajaran Langsung. Unesa Journal of Chemical Education. Vol. 3, No. 1 : 119-133.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.