Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPA Terapan Siswa Kelas X SMKN 4 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016

Puryadi Puryadi, Satutik Rahayu, Sutrio Sutrio

Abstract

This study aims to determine the effect learning model of direct instruction assisted contextual based teaching materials to the students learning outcomes of applied science SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016 on temperature and heat matter. This type of research is an experimental study with post test design control group design. The population in this study were all students of class X SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016. Sampling is done by purposive sampling technique, selected of X2 culinary class as experiment class and student of class X3 culinary as control class. The teaching materials used are context based physics teaching materials to culinary students. Instruments used in the form of multiple-choice test questions that refer to students' cognitive abilities include C1 to C6 categories. The results showed that the mean values of the students' learning outcomes of the experimental class and control classes were 61.38 and 49.07, respectively, both classes were normal and homogeneously distributed. The results data were analyzed by two-party test with a significance level of 5% obtained trsesult 2.89 and ttable 2.00. If tresult > ttable. So Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is the influence learning model of direct instruction that is assisted by contextual based teaching materials on the learning outcomes of students of class X SMKN 4 Mataram of academic years 2015/2016.

Keywords

direct instruction; contextual based teaching materials; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Ahmad, F. & Radiyono, F. 2011. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Dasar I Berbasis Spreadsheet dengan Pendekatan Analitik dan Numerik . Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 15-17.

Arends, R.,I., Kilcher, A. 2001. Teaching for student learning. New York: Routledge.

Gunada, I., W., Sahidu, H., Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 38-46.

Gunawan, Harjono, A., Sutrio. 2015. Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 9-14.

Mahedy, N., S. 2010. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar IPA Mahasiswa. Seminar International APTEKINDO, 335-344.

Murniati, N., A. N. & Mustika, I. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Melalui Pembelajaran Praktikum dengan Memanfaatkan Alat dan Bahan di Lingkungan Sekitar pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kragan Rembang Tahun Ajaran 2008/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1), 89-99.

Nasution, M.A., Silaban, R., & Muchtar, Z. 2013. Penerapan Model Pembelajaran yang Mampu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia dan Karakter Komunikatif serta Percaya Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(3), 29-38.

Nisrina, N., Gunawan, G., & Harjono, A. (2016). Pembelajaran Kooperatif dengan Media Virtual untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fluida Statis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 66-72.

Peso, M.K. & Sugiyono. 2013. Penggunaan Model Pembelajaran Langsung Dengan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Dalam IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN, 2(9), 1-10.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi 3. Jakarta: Kencana Pramedia Group.

Sofan, A. & Ahmadi, L.K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan

Inofatif Dalam Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Subarno. 2013. Penggunaan Direct Instruction Berbasis Lingkungan untuk Peningkatan Domain Afektif IPA Fisika Pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 26 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 24-26.

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(2), 73-79.

Tihuluw, M., Y., Tulandi, D., Windia, I., W. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Berbantuan Media Presentasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. JSME MIPA UNIMA. 2(8).

Wahyudi. A., & Nurhayati. 2002. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 15-19.

Zaini, Sutrio, & Gunawan. 2015. Pengaruh Pembelajaran Fisika Menggunakan Direct Instruction (DI) Melalui Pemodelan Korektif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuhan Haji Tahun Ajaran 2013-2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(2), 136-139.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.