Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggreni, Kd. R., Meter, I Gd., & Wiarta, I Wyn. 2013. Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus VII Kompiang Sujana Denpasar Barat. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha. 1(1), 12-21.
Cakir, M. 2008. Constructivist Approaches to Learning in Science Their Implication for Science Pedagogy: A Literature Review. International Journal of Environmental & ScienceEducation, 3(4), 193-206.
Firmansyaah A., Kosim, & Ayub, S. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Metode Eksperimen Pada Materi Cahaya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Gunungsari Tahun Ajaran 20142015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 154-160.
Gunada, I W., Sahidu, H., & Sutrio. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 38-46.
Hikmah, N., Baidowi, & Kurniati, N. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Mataram. Jurnal Pijar MIPA. 9(2), 84-88.
Hikmawati. 2015. Pembelajaran Fisika dengan Model Siklus Belajar 5-E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) Sebagai Upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 24-37.
Ismawati, Nugroho S. E., & Dwijananti P. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Curiosty Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 10(1), 22-27.
Listiawati, W., Gunawan & Sutrio. 2015. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Simulasi Interaktif terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pujut Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 82-86.
McKittrick, B., Mulhall, P., & Gunstone,R. 1999. Improving Understanding in Physics: An Effective Teaching Procedure. Australian Science Teachers Journal. 45(3), 27-33.
Mills, D., McKittrick, B., Mulhall, P., & Feteris, S. 1999. CUP: Cooperative Learning That Works. Physics Education, 34(1), 11-16.
Muammar, H., Harjono, A., & Gunawan. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Assure dan Pengetahuan Awal Terhadap Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 22 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 166-172.
Subarkah, B., Nurbaity, & Darsef. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 4(1), 245-250.
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Yamin, M. 2013. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Refrensi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.