PENGARUH PENGGUNAAN LABORATOIUM VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP KALOR PESERTA DIDIK

Hermansyah Hermansyah, Gunawan Gunawan, Ahmad Harjono

Abstract


The purpose of this study is to examine the effect of using virtual laboratory in guided inquiry learning on students’ mastery concept of heat material.  This study is quasi experiments with posttest only control group design. There were 58 respondents in this study which were divided into two group; experimental group and control group. The data were analyzed by using t-test. The results showed that experimental groups’ mastery concepts significantly differed from the control group. It can be concluded that the use of virtual laboratory in guided inquiry learning model affects students’ mastery concepts of heat material.

Keywords


guided inquiry learning, heat, mastery concept, virtual laboratory

Full Text:

PDF

References


Bortnik, B., Stozhko, N., Pervukhina, I., Tchernysheva, A., & Belysheva, G. 2017. Effect of Virtual Analytical Chemistry Laboratory on Enhancing Student Research Skills and Practices. Research in Learning Technology. 25, 1-20.

Creswell, J. W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gunawan, G., & Liliasari, L. 2012. Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Disposisi Berpikir Kritis Calon Guru. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 5(2), 185-199.

Hayati, S. N., Hikmawati, H., & Wahyudi, W. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Media Simulasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelompok X MIA SMAN 1 Lingsar Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 48-54.

Hermansyah, H., Gunawan, G., & Herayanti, L. 2017. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Getaran dan Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(2), 97-102.

Husein, S., Herayanti, L., & Gunawan, G. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 221-225.

Imran., Harjono, A., & Gunawan, G. 2015. Efek Multimedia Pembelajaran pada Kemampuan Siswa Menjawab Soal Analisis Energi pada Perubahan Wujud Air: Sebuah Tinjauan pada Siswa Kelas X Sman 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(1), 47-51.

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. 2016. Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4(2), 130-136.

Kusdiastuti, M., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(3), 116-122.

Muthmainnah, M., & Rokhmat, J. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Fisika Berbasis Eksperimen Virtual Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3(1), 40-47.

Nugroho, S. 2013. Pembelajaran IPA Dengan Metode Inkuiri Terbimbing Menggunakan Laboratorium Riil Dan Virtuil Ditinjau dari Kemampuan Memori Dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 1(3), 235-244.

Nurqomariah, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. 2015. Pengaruh Model Problem Based Learning dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1(3), 173-179.

Pullaila, A. 2007. Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Prodi IPA SPS UPI Bandung. 1(3).

Sugiana, I. N., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunawan, G. 2016 Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Berbantuan Media Laboratorium Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2(2), 61-65.

Tuysuz, C. 2010. The Effect of the Virtual Laboratory on Students' Achievement and Attitude in Chemistry. International Online Journal of Educational Sciences. 2(1), 37-53.

Wahyana. 2001. Perencanaan dan pengelolaan Pembelajaran IPA. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, H. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi dan Kendalanya di dalam Kelas. In Seminar Nasional VII Pendidikan Biologi. 6(1), 1-11.




DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v3i2.420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.