Susu Segar Kambing Etawa Yang Difermentasi Dalam Bambu Betung (Dendrocalamus Asper) Dan Bambu Tali (Gigantochloa Apus) Sebagai Probiotik Bakteri Asam Laktat

Ni Nyoman Tria Febrina, Syamsul Bahri, Dewa Ayu Citra Rasmi

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang potensi probiotik Bakteri Asam Laktat (BAL) dari susu segar kambing Etawa yang difermentasi dalam bambu Betung (Dendrocalamus asper) dan bambu Tali (Gigantochloa apus). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui potensi probiotik BAL yang dihasilkan dari fermentasi susu segar kambing Etawa dalam bambu Betung (Dendrocalamus asper) dan bambu Tali (Gigantochloa apus). Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif. Uji probiotik mengacu pada ketahanan isolat terhadap pH 3,0 dan uji ketahanan isolat terhadap garam empedu 0,3% dilakukan dengan metode tuang. Uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi agar. Ketahanan BAL yang diperoleh dari bambu Betung pada pH 3,0 sebesar 99,53%, sedangkan ketahanan BAL dalam garam empedu 0,3% sebesar 94,74%. Ketahanan BAL yang diperoleh dari bambu Tali tehadap pH 3,0 sebesar 95.74%, sedangkan ketahanan BAL dalam garam empedu 0,3% sebesar 97.96%. Aktivitas antibakteri Escherichia coli dari BAL yang diperoleh dari bambu Betung tergolong sedang yaitu menghasilkan zona bening sebesar 8-10 mm, sedangkan BAL yang diperoleh dari bambu Tali tidak menunjukkan adanya aktivitas penghambatan. Oleh karena itu BAL dari susu segar kambing Etawa yang difermentasi dalam bambu Betung berpotensi sebagai probiotik.

Keywords

Bakteri Asam Laktat, Probiotik, Dadih, Susu Kambing Etawa.

Full Text:

PDF

References

Suwito, W. (2012). Teknologi Penanganan Susu Yang Baik Dengan Mencermati Profil Mikroba Susu Sapi di berbagai daerah. Jurnal Penelitian Pascapanen Pertanian, 9(1), 35-44.

Darkuni, N. 2001.Mikrobiologi. Malang: JICA.

Elida M.2002.Profil Bakteri Asam Lakatat dari Dadih yang Difermentasi dalam Berbagai Jenis Bambu dan Potensinya Sebagai Probiotik.Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Azria. 1986.Mikrobiologi dalam Pembuatan Dadih Susu Sapi. Bogor: Institut Pertanian Bogor, Fakultas Teknologi Pertanian.

Usmiati Sri, dkk. 2011. Karakteristik Dadih Susu Sapi uang Menggunakan Starter Bakteri Probiotik. Bogor: Balai Besar Penelitian dan Perkembangan Pascapanen Pertanian. JITV Vol. 16 No. 2. Hal 141-153.

Ingrid, S. 2016. Probiotik, Mikrobiome dan Pangan Fungsional. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.

Nurnaafi, A., & Setyaningsih, I. (2015). Potensi Probiotik Bakteri Asam Laktat Asal Bekasam Ikan Nila. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 26(1), 109-114..

Nur, S. 2014. Akteri Asam Laktat Asal BekasamSebagai Kandidat Probiotik. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Cotter, P.D and C. Hill. 2003. Surviving the acid test: responses of gram-positive bacteria10to low pH. Microbiol. Mol. Biol. Rev. 67:429-453.

Silvy F.2014. Pengaruh Penambahan Isomalt danLama Penyimpanan Terhadap KetahananLactobacillus acidophilus Fncc 0051 Terimobildalam Gel Alginat pada Asam Lambung DanGaram Empedu Secara In Vitro. Skripsi. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Surjowardojo, P., Susilawati, T. E., & Sirait, G. R. (2016). Daya Hambat Dekok Kulit Apel Manalagi (Malus sylvestrs Mill.) Terhadap Pertumbuhan Staphylococcus aureus dan Pseudomonas sp. Penyebab Mastitis Pada Sapi Perah. TERNAK TROPIKA Journal of Tropical Animal Production, 16(2), 40-48.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.