Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa

Mir'atun Nisyah, Gunawan Gunawan, Ahmad Harjono, Mahesti Kusdiastuti

Abstract

Penelitian ini menyajikan hasil validasi dan ujicoba terbatas perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu advance organizer. Prosedur pengembangan yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), development (Pengembangan), dan disseminate (Penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, media pembelajaran, dan instrumen tes penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Hasil validasi menunjukkan perangkat pembelajaran dalam kategori layak-sangat layak. Hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa respon siswa sebesar 79.95% dan guru sebesar 81.15% adalah praktis dan terbaca.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri dipadu AO layak, praktis dan terbaca dan dapat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa fisika

Keywords

Advance Organizer, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model inkuiri, Penguasaan Konsep, Perangkat Pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Kivunja, C. (2015). Exploring The Pedagogical Meaning and Implications of The 4Cs “Super Skills” For The 21st Century Through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of The New Learning Paradigm. Creative Education, 6(02):224-239.

Gagne, R. M. (1980). Is educational technology in phase?. Educational Technology, 20(2):7-14.

Gunawan., Harjono, A., & Sutrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Listrik bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 1 (1): 9-14.

Taasoobshirazi, G., & Farley, J. (2013). A Multivariate Model of Physics Problem Solving. Learning and Individual Differences, 24: 53-62.

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know.

Heller, P., Keith, R., & Anderson, S. (1992). Teaching problem solving through cooperative grouping. Part 1: Group versus individual problem solving. American journal of physics, 60(7): 627-636.

Susiana, N., Yuliati, L., & Latifah, E. (2017). Analisis Pembelajaran Berdasarkan Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, 210-214.

Saputra, M. D., Joyoatmojo, S., Wardani, D. K., & Sangka, K. B. (2019). Developing Critical-Thinking Skills through the Collaboration of Jigsaw Model with Problem-Based Learning Model. Internasional Journal of Instruction, 1291): 1077-1094.

Huda, N., Hikmawati, H., & Kosim, K. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Alat Peraga Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 14(1), 62-72.

Pedaste, M., Mäeots, M., Siiman, L. A., De Jong, T., Van Riesen, S. A., Kamp, E. T., & Tsourlidaki, E. (2015). Phases of Inquiry-Based Learning: Definitions and The Inquiry Cycle. Educational research review, 14, 47-61.

Primadani, R., Tukiran, T., & Jatmiko, B. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Structured Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Fluida Statis. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1):1235-1245.

Prahani, B.K,. Limatahu, I,. Soegimin,. Yuanita, L., & Nur, M. (2016). Effectiveness of Physics Learning Material Through Guided Inquiry Model to Improve Student’s Problem Solving Skills Based on Multiple Representation. International Journal of Education and Research: 231-242.

Ausubel, D. P. (1960). Educational Psycology: A Cognitive View. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Ni, L. B,. Syahada, N,. & Hasni. (2016). Advance Organizer: Cognitive Instructional Strategy. International Journal of Computer Networks and Wireless Communications (IJCNWC): 53-57.

Joyce, B., Weil, M.., & Alhoun, E. (2013). Model of Teaching. Chicago: University of Chicago Press.

Mayer, R. (2008). Learning and Instruction. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Thacker, E., & Friedman, A. (2017). Social Studies Teachers’ Design and Use of Inquiry Modules. Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 17(3), 360-387.

Harjono, A., Gunada, I. W., Sutrio. S., & Hikmawati, H. (2018). Penerapan Advance organizer dengan Model Pembelajaran Ekspositori Berpola Lesson Study Unruk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 4(1): 141-150.

Amanah, P. D., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Generatif Berbantuan Scaffholding dan Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1): 84-91.

Hamdanillah, N., Harjono, A., & Susilawati, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Menggunakan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2): 119-127.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Ratumanan, G.T., & Laurens, T. (2011). Evaluasi Hasil Belajar Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: UNESA Univerity Press.

Trisnawati, A. A. I. A., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2017). Pengembangan Model Praktikum Berbasis Software Most Probable Number (Mp-Bsmpn) Pada Mata Kuliah Mikrobiologi Air. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 44-50.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.