Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu

Yuli Febrianti, Khairuddin Khairuddin, Muhammad Yamin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui perbedaan hasil belajar siswapada penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Guided Discovery Learningdi SMPN 13 Mataram tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasy experimentdengan desain pre-test and post-test group design.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016.Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda serta lembar penilaian afektif dan psikomotor.Uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji-t. Hasil uji yang didapatkan adalah thitung> ttabelyaitu 4,93>1,99, maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan modelProblem Based Learningdengan menggunakan modelGuided Discovery Learning. Hasil belajar IPA terpadu menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran Guided Discovery Learning.

Keywords

Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References

Sanjaya, W. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Mudyahardjo, R.1998. Pengantar Pendidikan. Bandung: PT. Raja Grafindo Persada. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains. Diakses pada tanggal 30 Mei 2017.

Qorri’ah. 2011. Penggunaan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung.Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Sahyar, Ridwan A. Sani1, dan Tionar Malau, 2017. The Effect of Problem Based Learning (PBL) Model and Self Regulated Learning (SRL) toward Physics Problem Solving Ability (PSA) of Students at Senior High School. American Journal of Educational Research, 2017, Vol. 5, No. 3, 279-283.

Mills, J. E. dan Treagust, D. F. 2003. Engineering Education – Is Problem Based

or Project-Based Learning The Answer?. Australasian J. of Engng. Educ., online publication 2003-04 [1-16].

Merritt, J., Lee, M. Y., Rillero, P., dan Kinach, B. M. 2017. Problem-Based Learning in K–8 Mathematics and Science Education: A Literature Review. Interdisciplinary journal of Problem Base-Learning. Volume 11, Issue 2.

Strobel,J., and Barneveld, A.V,. 2009). When Is PBL more effective ? a Meta-synthesis of meta-analyses comparing PBL to Conventional Classroom. Interdisciplinary journal of Problem Base-Learning. Volume 3, no.1 [44-58]

Abra, A. I., Meti I., dan Riezky M. P. 2012. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi (4) No. 2: 44-52. (online): http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/. Diakses pada tanggal 18 Agustus 2016.

Handayani, D. F. 2015. Perbandingan Kompetensi Biologi Siswa XI MIA antara Model Pembelajaran Guided Discovery Learaning dan Problem Based Learning pada Materi Sistem Pencernaan di SMAN 1 Sungai Tarab.Jurnal Pendidikan Biologi Volume 4, Nomor 1: 97-105. (online): http://eprints.uns.ac.id/13651/1/1409-3135-1-SM.pdf. diakses pada tanggal 12 Agustus 2016.

Hanafiah, N dan Suhana, C. 2009.Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Aditama.

Carin, A. A. 1993.Teaching Modern Science Sixth Edition. New York: Macmillan Publishing Company.

Silberman. 2009. Active Learning: 101 Cara Siswa Belajar Aktif. Bandung: Nusa Media.

Laksmiwati, D., Hadisaputra, S., & Siahaan,J. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Berbasis Problem Based Learning Untuk Kelas XI SMA. Chemistry Education Practice, 1(2), 36-41.

Afandi, Sugiyarto, Sunarno, W. 2012.Pembelajaran Biologi Melalui Model Reciprocal Learning dan Problem BasedLearning Ditinjau Dari Kemampuan Belajardan Berpikir Kritis Mahasiswa. JurnalInkuiri. 1, 2.

Susilo., Herawati., dan Nafisah. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Untuk meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa. (online): http:// journal.unnes.ac.id/sju/index.php/uses/article/download/318/367. Diakses pada tanggal 30 Mei 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.