Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika

Rozi Saputra, Susilawati Susilawati, Ni Nyoman Sri Putu Verawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media simulasi PhET (physics education tehnology) terhadap hasil belajar fisika peserta didik SMA Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Kediri dengan jumlah 64 peserta didik, tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 21 orang dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas Kontrol sebanyak 20 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung menggunakan media simulasi PhET (Physics Education Tehnology) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Uji coba instrument tes hasil belajar telah memenuhi syarat diantaranya, uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sehingga diperoleh sebanyak 25 soal valid dan 5 soal tidak valid dari 30 soal yang diujikan, kemudian soal tersebut diberikan saat melakukan tes awal dan tes akhir. Setelah didapatkan hasil tes akhir kedua kelas homogen dan terdistribusi normal hipotesis penelitian diujikan dengan uji-t dengan taraf signifikan 5% dan diperoleh hasil thitung sebesar 4,12 dan  ttabel sebesar 2,02 sehingga dapat dikatakan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media simulasi PhET (Physics Education Technology)  terhadap hasil belajar fisika peserta didik.

Keywords

Media simulasi PhET (physics education tehnology), hasil belajar

Full Text:

PDF

References

Gunawan. 2015. Model pembelajaran sains berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram. Hal 3 – 13.

Nurhayati, Fadilah, S, & Mutmainnah. 2014. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantu Media Animasi Software PhET Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Materi Listrik Dinamis Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Aplikasinya. 4 (2), 1-7.

Yuafi, M.E.D, & Endryansyah. 2015. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran PhET (Physics Educations Technology) Simulation Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TITL Pada Standar Kompetensi Mengaplikasikan Rangkaian Listrik di SMKN 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Elektro UNESA. 04 (02), 407-414.

Zahara, S.R, Yusrizal, & Rahwanto, A. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 03 (01), 251-258.

Arifin, Z dan Setiyawan, A. 2012. Pengembangan Pembelajaran Aktif Dengan ICT. Yogyakarta: Skripta Media Kreatif. Hal 124.

Noah, Finkelstein. 2006. Higtech Tools Fot Teaching Physics Education Technology Project. Merlot Journal Of Online Learning And Teaching. 2 (3). 110-121.

Purwanto, A.E, Hendri,M & Susanti, N. 2016. Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media PhET Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasn Listrik Maghnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Edu Fisika. 01 (01), 22-27.

Sugiarti. 2015. Pembelajaran Fisika Berbantuan Simulasi Phet dalam Membangun Konsep Siswa. Wahana DIDAKTIKA, Jurnal Ilmu Kependidikan. 13 (1): 1-135.

Fithriani, S.L., Halim, A & Khaldun, I. 2016. Penggunaan Meia Simulasi PhET Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Pada Pokok Bahasan Kalor Di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 4 (2) : 45-52.

Rahmawati, T & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta: Gava Media. Hal 36.

Khadira, L,A. Rusilowati, A, & Pratiknyo, K. 2009. Penerapan Model Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas Bahan. Jurnal pendidikan fisika indonesia. 5 : 83-89.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Hal 5.

Nanang, H dan Suhana,.C. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama. Hal 21-22.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Ketiga. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group. Hal 45-197.

Mubarok, M.F & Mulyaningsih, S. 2014. Penerapan Pembelajaran Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Media PhET Simulations Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 03 (1), 76-80.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.