Pengaruh Model Pembelajaran Coneccting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

Murniati Murniati , Syahrial Ayub , Hairunisyah Sahidu

DOI:

10.29303/jpm.v15i2.1475

Published:

2020-03-01

Issue:

Vol. 15 No. 2 (2020): Maret

Keywords:

odel Pembelajaran CORE, Pemahaman Konsep Fisika, Kemampuan Berpikir Kritis

Articles

Downloads

How to Cite

Murniati, M., Ayub, S., & Sahidu, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Coneccting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 116–121. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1475

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 1 Labuhan Haji.à Jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasinya seluruh peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Haji Tahun Pelajaran 2019/2020 yangà berjumlah 157 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu peserta didik kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran CORE dan peserta didik kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol yang diberikan perlakukan pembelajaran konvensional. Jenis tes yang digunakan yaitu pilihan ganda sebanyak 15 item soal untuk pemahaman konsep dan soal essay sebanyak 5 item untuk kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikan 0,024 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap pemahaman konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMAN 1 Labuhan Haji.

References

Daryanto, & Sudjendro, P. 2014. Siap Menyongsong Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Sakti, I., Yuniar M. P., & Risdianto, E. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.

Anderson, L. W. & Krathwohl, D. R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala, S. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran: untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Alfabeta.

Puspita, A. T., & Jatmiko, B. 2013. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika Materi Fluida Statis Kelas XI di SMA Negeri 2 Sidoarjo. Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Asmawati, E. Y. 2015. Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa.Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Budiyanto, M.A.K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Yuliati, D.I., Yulianti, D., & Khanafiyah, S. 2011. Pembelajaran Fisika Berbasis Hands On Activities untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 7, 23-27.

Ambarsih, H. U. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Gaya Gesek Melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending). Prosiding Seminar Nasional Quantum, ISSN: 2477-1511.

Mailisa, P., Masril, M., & Darvina, Y. 2017. Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE pada Materi Usaha Energi dan Getaran Harmonis Sederhana Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMAN 1 TARUSAN. Pillar Of Physics Education, 9(1).

Humaira, F. 2014. Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Prasetyo, T. I., & Syaban, M. 2018. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA. INTERMATHZO. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 19-27.

Beladina, N., Suyitno, A., & Kusni. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran

CORE Berbantuan LKPD terhadap Kreativitas Matematika Siswa. Unnes

Journal of Mathematics Education, II (3): 34-39.

Mukarramah, M., Verawati, N. N. S. P., & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Core Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XI MAN Lombok Barat. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 176-183.

Author Biographies

Murniati Murniati, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Syahrial Ayub, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

Hairunisyah Sahidu, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.