Bahan Ajar Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

Arief Rahman Hakim , Agus Ramdani , Dadi Setiadi

DOI:

10.29303/jpm.v15i5.2127

Published:

2020-11-30

Issue:

Vol. 15 No. 5 (2020): Edisi Khusus Penelitian Pengembangan Pengkajian Ilmu dan Pengajaran MIPA

Keywords:

Bahan Ajar, Biologi, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

Articles

Downloads

How to Cite

Hakim, A. R., Ramdani, A., & Setiadi, D. (2020). Bahan Ajar Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 482–487. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2127

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Hasil belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam proses penentu keberhasilan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar inkuiri terbimbing yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ini terdiri dari 60 peserta didik kelas X SMAN 1 ààLembar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan mengacu pada 4D. Model yang dilakukan dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap Develop, sedangkan tahap Disseminate tidak dilakukan. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing, sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan bahan ajar konvensional. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa: (1) bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dan instrumen tes hasil belajar yang divalidasi memperoleh nilai rata-rata 77,7% dengan kriteria validitas tinggi; (2) kepraktisan yang diperoleh dari respon guru dan peserta didik memperoleh nilai rata-rata 83,5% dengan kriteria sangat praktis, serta keterlaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 81,5% dengan kriteria sangat praktis; (3) hasil belajar kelas eksperimen memperoleh peningkatan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol memperoleh peningkatan sedang. Kesimpulannya, bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

à

Kata Kunci : Bahan Ajar, Biologi, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar

References

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). 29-35

Yustiqvar, M., Gunawan, G., & Hadisaputra, S. (2019, December). Green Chemistry Based Interactive Multimedia on Acid-Base Concept. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1364, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Terintegrasi Nilai-Nilai Islami Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103-109.

Saragih, S., Napitupulu, E. E., & Fauzi, A. (2017). Developing learning model based on local culture and instrument for mathematical higher order thinking ability. International Education Studies, 10(06), 114-122.

Ramdani, A. (2020, May). Developing Inquiry-Based Learning Materials Through Integrated Lesson Study with 4-D Model to Enhance Junior High School Studentsââ¬â¢ Critical Thinking Skill. In 4th Asian Education Symposium (AES 2019) (pp. 236-238). Atlantis Press.

Ramdani, A., Syukur, A., Gunawan, G., Permatasari, I., & Yustiqvar, M. (2020). Increasing Studentsââ¬â¢ Metacognition Awareness: Learning Studies Using Science Teaching Materials Based on SETS Integrated Inquiry. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(5), 6708- 6721

Wirtha, I. M., & Rapi, N. K. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Penalaran Formal Terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah Peserta didik SMA Negeri 4 Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 15-29.

Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemecahan Masalah Matematis Mahapeserta didik melalui Metode Diskusi. Cakrawala Pendidikan, 4(1), 130-139.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep peserta didik yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.

Mayasari, R., & Adawiyah, R. (2016). Pengaruh model pembelajaran berdasarkan masalah pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi di SMA. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(3).

Damayanti, D. (2014). Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska.

Lubana, L., Prasetyo, A. P. B., & Cahyono, E. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Kasus dan Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Innovative Science Education, 2(1).

Ramdani, A., & Artayasa, I. P. (2020). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahapeserta didik dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Inkuiri Terbuka. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(1), 1-9.

Duran, M., & Dökme, ð. (2016). The effect of the inquiry-based learning approach on studentââ¬â¢s critical thinking skills. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(12), 2887-2908.

Ibrahim. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: ALFABETA

Thiagarajan, S., Semmel, D., & S&, S. M. (1974) Instructional Development for training teacher of exceptional children. Source book, Bloominton: Center For innovation on teaching the handicapped.

Ernawati, I. (2017). Uji kelayakan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran administrasi server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204-210.

Kamaludin, S., Surtikanti, H. K., & Surakusumah, W. (2018). Developing issue-based teaching materials to improve student learning outcomes in Freshwater Biology Course. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 161-170.

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99.

Anam, K. (2016). Pembelajaran berbasis inkuiri: Metode dan aplikasi (Cet. ke-2). Pustaka Pelajar.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2009). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom's taxonomy of educational objectives. Longman.

à žimà Ÿek, P., & Kabapñnar, F. (2010). The effects of inquiry-based learning on elementary studentsââ¬â¢ conceptual understanding of matter, scientific process skills and science attitudes. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 1190-1194.

Sabahiyah, Marhaeni, A.A.I.N. & Suastra, I.W. (2013). Pe-ngaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Ter-hadap Keterampilan Proses Sains dan PenguasaanKonsep IPA Siswa Kelas V Gugus 03 WanasabaLombok Timur. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. 3

Rokhmatika, S., Harlita, & Prayitno, B.A. (2012). PengaruhModel Inkuiri Terbimbing Dipadu Kooperatif Jig-saw Berpengaruh Terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan Biologi UNNES, 4(2), 72-83

Suardana, I. N. (2014). Analisis Relevansi Budaya Lokal dengan Materi Kimia SMA untuk Mengembangkan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Budaya. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1).

Author Biographies

Arief Rahman Hakim, Universty of Mataram

Agus Ramdani, Universitas Mataram

Dadi Setiadi, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.