PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Authors

Putut Bayuaji , Hikmawati Hikmawati , Satutik Rahayu

DOI:

10.29303/jpm.v12i1.328

Published:

2017-03-10

Issue:

Vol. 12 No. 1 (2017): Maret

Articles

Downloads

How to Cite

Bayuaji, P., Hikmawati, H., & Rahayu, S. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Jurnal Pijar Mipa, 12(1). https://doi.org/10.29303/jpm.v12i1.328

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe SFAE denganà pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Desain penelitian menggunakan Postest-Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana diperoleh siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 75 dan untuk kelas kontrol sebesar 70. Hasil uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal. Hasil uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan kedua kelas homogen. Hasil uji-t pooled varians menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran SFAE dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tanjung.

Author Biographies

Putut Bayuaji, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram Jalan Majapahit no 62 Mataram, 83125, Mataram, Indonesia

Hikmawati Hikmawati, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram Jalan Majapahit no 62 Mataram, 83125, Mataram, Indonesia

Satutik Rahayu, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP Universitas Mataram Jalan Majapahit no 62 Mataram, 83125, Mataram, Indonesia

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).