EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL KERANG MUTIARA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BUDIDAYA DI SMKN 1 LEMBAR

Septi Suryaningsih, Muhlis Muhlis, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas modul kerang mutiara berbasis pendekatan santifik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran budidaya di SMKN 1 Lembar, Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Penelitian ini dianalisis secara deskriptif persentase. Tingkat ketuntasan klasikal siswa 100 % dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 88,74 %, Sehingga modul kerang mutiara berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan memenuhi kriteria standar penilaian bahan ajar dan efektif digunakan dalam pembelajaran siswa kelas XI SMKN 1 Lembar berbasis kemaritiman yang memiliki KKM ≥80.

 

Kata Kunci: Modul kerang mutiara, Pendekatan Saintifik, Evektifitas hasil belajar

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i2.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By

                               

 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JURNAL PIJAR MIPA Stats