PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 2 MATARAM DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK

Susilawati Susilawati, Jamaluddin Jamaluddin, Imam Bachtiar

Abstract


Abstrak. Pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia merupakan model pembelajaran dan media pembelajaran yang dirancang secara terintegrasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) berbantuan multimedia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dan kemampuan akademik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitain non Equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018, dan penentuan sampel dilakukan dengan  Haphazard Sampling, sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi keterlaksanaan RPP dan tes uraian. Data  dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur (Two Way Anava). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia secara signifikan berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; (2) Kemampuan akademik berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik; (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah berbantuan multimedia dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan berpikir kritis.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Multimedia, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i2.343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By


                               

 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Jurnal Pijar MIPA Stats

View My Stats