TEKNOLOGI PENGELOLAAN AIR SIAP MINUM DI DESA JAGO KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Authors

Nurul Ismillayli , Laili Mardiana , Rina Kurnianingsih , Dhony Hermanto , Fahrurazi Fahrurazi

DOI:

10.29303/jpm.v12i2.349

Published:

2017-10-20

Issue:

Vol. 12 No. 2 (2017): September

Articles

Downloads

How to Cite

Ismillayli, N., Mardiana, L., Kurnianingsih, R., Hermanto, D., & Fahrurazi, F. (2017). TEKNOLOGI PENGELOLAAN AIR SIAP MINUM DI DESA JAGO KABUPATEN LOMBOK TENGAH. Jurnal Pijar Mipa, 12(2), 102–106. https://doi.org/10.29303/jpm.v12i2.349

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Abstrak: Pemenuhan kebutuhan air bersih yang aman dan layak dikonsumsi belum dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat Lombok Tengah akibat tingginya angka kemiskinan dan rendahnya tingkat pendidikan masyarakat. Selain itu dengan tingginya aktivitas sektor pertanian yang menggunakan pupuk dan pestisida, dimungkinkan bahan kimia dan hasil peruraianya akibat prosesà leaching terbawa aliran air kemudian meresapà ke dalam tanah dan masuk ke dalam sumber air tak terlindungi. Hal ini diindikasikan dengan hasil pengukuran kadar nitrit dan ammonia di beberapa sungai yang mengaliri desa. Salah satu solusi yang akan diterapkan dalam kegiatan ini adalah penerapan teknologi tepat guna tentang proses pengelolaan air siap minum dengan membuat unit pengolahan air irigasi menjadi air siap minum dengan menggunakan metode filtrasi-adsorpsi (kombinasi oleh pasir silika, karbon aktif dan membran) dan penyinaran lampu UV untuk desinfikasi. Sosialisasi kepada kelompok ââ¬â kelompok tani Desa Jago dilakukan sebagai sarana alih teknologi tentang pengolahan air siap minum dan sebagai upaya mengedukasi masyarakat mengenai perilaku hidup bersih dan sehat serta pemanfaatan air secara bijak dan efektif. Keberlanjutan program dilakukan melalui pengelolaan mandiri oleh P3A dengan dukungan dari masyarakat sekitar dan pengawasan dari Perangkat Desa Jago.

à

Kata kunci: air siap minum, filtrasi, adsorpsi, uv radiasi, Desa Jago.

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).