KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR IPA BERBASIS PENDEKATAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK SMPN 3 MATARAM

Fitran Sari, Abdul Wahab Jufri, Sridana Sridana

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan  bahan ajar IPA berbasis  pendekatan SAVI  dalam  meningkatkan  kreativitas peserta didik     SMP N 3 Mataram pada materi Sistem  Organisasi Kehidupan. Populasi  penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII berjumlah 172 orang . Sampel  menggunakan  peserta didik kelas VII-1 berjumlah 26 orang  sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas  VII-3 berjumlah 26 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling yaitu Simple Random Sampling . Instrumen  kreativitas terbukti valid      ( > 0,413)  dan reliabel (>0,80). Data kreativitas peserta didik dikumpulkan dengan tes essay. Rata-rata  skor kreativitas peserta didik yang belajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 61,48 sedangkan rata-rata skor peserta didik  yang tidak menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan SAVI adalah 30,31. Berdasarkan taraf signifikansi (thit = 5,933> ttabel, = 2,069, p=0.000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar SAVI efektif untuk  meningkatkan kreativitas peserta didik.

 

Kata Kunci: bahan ajar. SAVI, kreativitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v12i2.350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By

                               

 

Creative Commons License

Jurnal Pijar MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JURNAL PIJAR MIPA Stats