KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA/MA NEGERI MATARAM DITINJAU DARI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN

Authors

I Gede Karunia Soenarko , Yayuk Andayani , Eka Junaidi

DOI:

10.29303/jpm.v13i2.462

Published:

2018-09-29

Issue:

Vol. 13 No. 2 (2018): September

Articles

Downloads

How to Cite

Soenarko, I. G. K., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2018). KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA/MA NEGERI MATARAM DITINJAU DARI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 86–89. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.462

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara metode pembelajaran dengan keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA/MA Negeri Mataram. Penelitian deskritif Expost Facto ini menggunakan subjek penelitian siswa kelas XI IPA di MAN 1 Mataram, SMAN 2 Mataram, dan SMAN 6 Mataram yang terbagi dalam 14 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 236. Pengumpulan data keterampilan pengambilan keputusan siswa dengan angket dan observasi sebagai pendukung, sedangkan data hasil belajar kimia diperoleh dari dokumentasi guru mata pelajaran kimia. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbachââ¬â¢s. Hasil uji hipotesis menggunakan uji anakova satu jalur diperoleh Fhitung > Ftabel (22,58 > 3,03) pada taraf signifikan 5% yang menunjukkan hipotesis alternatif (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara metode pembelajaran dengan keterampilan pengambilan keputusan dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA di SMA/MA Negeri Mataram Tahun Ajaran 2017/2018.

References

Konur, Kader Birinci. 2016. Pre-service Science and Primary School Teachers Identification of Scientific Process Skills. Universal Journal of Educational Research, 4(6): 1273-1281.

Wulan, A. R. (2008). Skenario Baru bagi Implementasi Asesmen Kinerja pada Pembelajaran Sains di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 32(3), 1-10.

Widyatiningtyas, R. (2006). Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan IPA. EDUCARE, 1(2).

Suryanti. 2012. Profil Kemampuan Berpikir Pengambilan Keputusan Berdasarkan IPA Ssiwa SD. Surabaya: Unesa University Press.

Anggareni, N. W., Ristiati, N. P., & Widiyanti, N. L. P. M. (2013). Implementasi strategi pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPA siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Zakrah, Z., Lestari, N., & Kusmiyati, K. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran discovery terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMPN 3 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015. Jurnal pijar MIPA, 10(2).

Sari, S., & Wijayanti, A. (2017). Talking Stick: Hasil Belajar IPA Dan Kemampuan Kerjasama Siswa. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2).

Sudarmo, Unggul. 2004. Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Campbell, W. Keith. 2004. Narcissism, Confidence, and Risk Attitude. Journal of Behavioral Decision Making, 17: 297-311.

Adair, John. 2007. Decision Making and Problem Solving Strategies. London: Kogan Page.

Hamdi, Asep Saepul. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2014. Statistik untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Pritami, S. E., Purwoko, A. A., & Savalas, L. R. T. 2014. Hubungan Iklim Kelas Dan Sikap Siswa Terhadap Pelajaran Kimia Dengan Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas Xi IPA SMA Negeri Se-Kota Mataram Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pijar Mipa, 9(2).

Isnani, G. 2017. The Influence of Classroom Climate, Learning Interest, Learning Discipline and Learning Motivation to Learning Outcomes on Productive Subjects. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 3(2), 85-96.

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).