PENERAPAN STRATEGI PQ4R UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII-1 SMPN 4 MATARAM

Mahyaeny Mahyaeny

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan strategi PQ4R (Preview, Read, Reflect, Recite, Review) di kelas VII-1 SMPN 4 Mataram. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi  serta refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada siklus I  berada pada kategori cukup baik , cukup aktif dan ketuntasan klasikal 74%. Pada siklus II aktivitas guru dan siswa meningkat menjadi baik dan aktif. Ketuntasan klasikal mencapai 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas VII-1 SMPN 4 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.