PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM

Authors

Dyah Puspitasari Ningthias , Jeckson Siahaan , Agus Abhi Purwoko

DOI:

10.29303/jpm.v13i2.745

Published:

2018-09-29

Issue:

Vol. 13 No. 2 (2018): September

Articles

Downloads

How to Cite

Ningthias, D. P., Siahaan, J., & Purwoko, A. A. (2018). PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING MENGGUNAKAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 100–105. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.745

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Quantum Learning menggunakan LKS terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest-posttest-non-equivalent control group. Populasi terdiri atas 6 kelas XI IPA yakni, kelas XI IPA 1 - Kelas XI IPA 6. Sampel sebanyak dua kelasà (sebanyak 75 orang siswa) ditentukan dengan cara tidak random, yakni kelas XI IPA 2 sebanyak 37 orang siswa sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 5 sebanyak 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil uji pretest diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 28,38 dan kelas eksperimen sebesar 28,03 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 5. Hasil uji posttest diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 50,82 dan kelas eksperimen sebesar 46,42. Data-data tersebut dianalisis menggunakan uji Anakova dengan menggunakan data pretest sebagai kovariat. Hasil perhitungan diperoleh Fhitung (1,74) < Ftabel (3,9) pada taraf signifikan 5%, menunjukkan model quantum learning menggunakan LKS tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Artikel ini menyajikan data kuantitaf dan data kualitatif yang dapat menjelaskan mengenai pengaruh model quantum learning menggunakan LKS terhadap hasil belajar siswa.

References

Ningrum, D. J., Mahardika, I. K., & Gani, A. A. (2015). Pengaruh model quantum teaching dengan metode praktikum terhadap kemampuan multirepresentasi siswa pada mata pelajaran fisika kelas x di SMA Plus Darul Hikmah. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(2).

Sumarna, D. 2013. Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: CV. Alfabeta.

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan motivasi siswa dengan pembelajaran pendekatan quantum learning pada siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Imam, Faisal. 2012. Pengaruh Penerapan Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Radiasi, 2(3): 63-70.

Rosmaini, S., & Wulandari, Y. (2012). Penerapan Teknik Mind Mapping Dalam Strategi Quantum Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA2 SMA Nurul Falah Pekanbaru TA. 2009/2010. Biogenesis (Jurnal Pendidikan Sains Dan Biologi), 7(02).

Adityarini, Y., Waluyo, J., & Aprilya, S. (2013). Penerapan model pembelajaran quantum learning dengan media flashcard untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012 (pada pokok bahasan animalia). Pancaran Pendidikan, 2(2), 189-199.

Yanuarti, A., & Sobandi, A. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 1(1), 11-18.

De Porter, B. 2013. Quantum Learning (membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan). Bandung: Kaifa Learning.

Prasetyo, F. I., Santosa, S., & Karyanto, P. (2012). Pengaruh Penerapan Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 9, No. 1).

Kurniawan, D. E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja siswa (LKS) dengan Pendekatan Investigasi Kelompok Guna Mengoptimalkan Keterampilan Berkomunikasi dan Berfikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 63-67.

Azizah, N. (2016). Pengembangan Lks Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Sumiati, S. (2017). Pengembangan Lks Dan Penerapannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Stoikiometri Siswa Kelas X SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pijar Mipa, 11(2).

Tyasning, D. M., & Nurhayati, N. D. (2012). Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi pada Siswa Kelas X-4 SMA Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 1(1).

Carolin, Y., Saputro, S., & Saputro, A. N. C. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 46-53.

Wahyuningsih, F., Saputro, S., & Mulyani, S. (2014). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Pokok Hidrolis Garam untuk Sma/Ma. Paedagogia, 17(1), 94-103.

Sudjana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Author Biography

Dyah Puspitasari Ningthias, Universitas Mataram

License

The following terms apply to authors who publish in this journal:
1. Authors retain copyright and grant the journal first publication rights, with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License 4.0 International License (CC-BY License) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and first publication in this journal.

2. Authors may enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), acknowledging its initial publication in this journal.
3. Before and during the submission process, authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website), as this can lead to productive exchanges as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).