EDUKASI DAN DETEKSI DINI DIABETES MELLITUS SEBAGAI UPAYA MENGURANGI PREVALENSI DAN RESIKO PENYAKIT DEGENERATIF

Handa Muliasari, Candra Dwipayana Hamdin, Agus Dwi Ananto, Muhsinul Ihsan

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan dan membutuhkan pengelolaan seumur hidup dalam mengontrol kadar gula darah agar dapat meningkatkan kualitas hidup penderita. Kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap bahaya penyakit diabetes mellitus, pencegahannya, dan pengendaliannya menyebabkan penyakit ini semakin banyak terjadi di masyarakat. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang penyakit DM dan melakukan deteksi dini DM. Peserta kegiatan pengabdian adalah orang tua/wali murid di TK Pancasila Narmada Kabupaten Lombok Barat. Program pengabdian meliputi edukasi atau penyuluhan tentang penyakit DM, pemeriksaan gula darah sewaktu dan tekanan darah, serta diskusi dan pendampingan tentang DM. Berdasarkan hasil kegiatan penyuluhan, sejumlah 45 orang peserta telah menerima informasi mengenai DM dengan baik.. Deteksi dini diabetes mellitus dilakukan dengan pemeriksaan gula darah sewaktu menghasilkan sejumlah 9,10 % peserta mengalami diabetes, sejumlah 36,40% peserta mengalami pre diabetes, dan 63,60% memiliki kadar gula darah sewaktu dalam kadar normal. Peserta yang mengalami diabetes juga mengalami hipertensi.

Full Text:

PDF

References

Antara, 2016. kabar/penderita-diabetes-di-mataram-capai-1-313-orang. Diakses dari http://www.lombokita.com/kabar/penderita-diabetes-di-mataram-capai-1-313-orang, pada tanggal 7 Mei 2017.

Coustan, Donald R. 2013. Gestational

Diabetes Mellitus. Clinical Chemistry 59:9, 1310-1321

Darmojo, B. 2010. Buku Ajar Geriatri. Jakarta: Balai penerbit FKUI.

DEPKES RI. 2008. Laporan Rikesdas 2007. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan.

Sundari, S. 2016. Penyuluhan Tentang Penyakit Diabetes Mellitus Dan Osteoarthritis Di Dusun Kaliabu, Ambarketawang, Gamping, Sleman. Yogyakarta: Universitas Muhammadiah.

Suyono. 2015. Penatalaksanaan Diabetes mellitus terpadu sebagai panduan Penatalaksanaan Diabetes mellitus. Jakarta: FKUI.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.