DEMONSTRASI KSK (KIMIA SEKITAR KITA) PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT SAINS SEJAK DINI

Sri Seno Handayani, Erin Ryantin Gunawan, Dedy Suhendra, Lely Kurniawati, Murniati Murniati

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang masih dianggap sulit oleh siswa sekolah dasar adalah mata pelajaran sains. Sains atau IPA bagi kalangan pelajar khususnya siswa SD terkadang menjadi paradigma yang menakutkan, bahkan dapat menimbulkan ketakutan yang berlebihan. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, antara lain proses pembelajaran sains atau IPA yang bersifat monoton, dimana siswa hanya menulis dan mendengarkan penjelasan yang diberikan gurunya saja. Akibatnya siswa akan kurang aktif  dan akan berdampak pada menurunnya minat dan motivasi belajar siswa. Permasalahan ini akan tetap bertahan bila tidak diupayakan kegiatan-kegiatan yang bersifat inovasi pembelajaran di kelas. Untuk itu diperlukan suatu usaha guna meningkatkan minat dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran sains melalui metode pembelajaran yang menyenangkan. Salah satunya adalah melalui demonstrasi sains berbasis kimia sekitar kita yang bersifat konkrit, sederhana dan menarik, sehingga dapat meningkatkan rasa ingin tahu serta berminat untuk mempelajari sains di kalangan siswa sekolah dasar. Upaya ini telah dilaksanakan melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertema Edukasi Sains Melalui Demonstrasi Ksk (Kimia Sekitar Kita) di SD Negeri I Telaga Waru Labuapi Lombok Barat. Kegiatan ini berjalan dengan lancar serta menyenangkan bagi para siswa. Semua siswa dengan bersemangat ikut terlibat aktif dalam setiap percobaan yang didemontrasikan.

Full Text:

PDF

References

Achmad, H. 2012. Demonstrasi Sains Kimia. Bandung. Penerbit Nuansa

Aunurrahman, 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Desstya, A. 2014. Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains di Sekolah Dasar Surakarta. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 1(2).

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Samatowa, U. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. PT Indeks.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.