MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MADRASAH MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

Rispawati Rispawati, Edy Herianto

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah memberikan guru madrasah bekal kemampuan dan keterampilan untuk menulis karya tulis ilmiah sebagai bagian penting mewujudkan guru profesional. Target akhir adalah meningkatnya kemampuan guru madrasah dalam menyusun karya ilmiah, dengan indikator tersusunnya artikel ilmiah/proposal penelitian yang dihasilkan peserta di akhir kegiatan. Metode yang dikembangkan berupa latihan teknis penulisan karya ilmiah bagi guru madrasah (MI, MTs., MA se Kota Mataram) dengan latihan dan praktik penugasan. Melalui metode ini, guru madrasah diberikan pengetahuan konseptual tentang karya tulis ilmiah dan tugas praktik untuk menyusun artikel ilmiah/proposal penelitian tindakan kelas dengan bimbingan dan pendampingan dari dosen. Setelah diberikan praktik penugasan dan pembimbingan dan pendampingan secara intensif, maka terjadi proses yang partisipatif antara guru dan dosen dalam mengembangkan penulisan karya ilmiah. Proses ini memungkinkan terjadinya transfer pengetahuan dan pengalaman untuk mewujudkan guru madrasah yang professional, khususnya dalam penulisan karya ilmiah.

Full Text:

PDF

References

Ary, D., Jacobs, L.C., & Razavieh, A. 2007. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Penerjemah oleh Arief Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herianto, E. 2008. Kajian Potensi Madrasah dan Sekitarnya sebagai Bahan Penyusunan Kurikulum Muatan Lokal. Laporan Penelitian. Mataram: Yayasan Nusatenggara Centre.

Herianto, E. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Lokal untuk Mewujudkan Paradigma Baru pada Pembelajaran PKn MI Se Kota Mataram. Laporan Penelitian. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Herianto, E. 2014. Studi tentang Guru-Guru MI dan MTs. di Pulau Lombok: Identifikasi Potensi, Masalah, peluang, dan Tantangan yang Dimilikinya. Laporan Penelitian. Mataram: Sub National Implementation Partner (SNIP)-NTB.

Herianto, E., Dahlan, Soeparno, D.B. 2014. Pengembangan Model Implementasi Kurikulum 2013 di Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah Wilayah Desa Tanak Awu Kecamatan Pujut Kota Mataram. Laporan Pengabdian Masyarakat. Mataram: FKIP Universitas Mataram.

Kanwil Kemenag Propinsi NTB. 2014. Kinerja Guru Madrasah. Laporan Tahunan. Mataram: Kanwil Kemenag NTB.

Kusmayardi & Sugiarto, E. 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana, N. 2009. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung; PT. Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.