PELATIHAN ISOLASI MIKROORGANISME DI PERMUKAAN TUBUH UNTUK MENUNJANG PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT MAHASISWA PROGRAM STUDI PAUD FKIP UNRAM

Dewa Ayu Citra Rasmi, Kusmiyati Kusmiyati, I Wayan Merta

Abstract


Kebersihan diri pada anak-anak merupakan pembiasaan yang terus menerus dilakukan agar terbentuk perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Perilaku hidup bersih sehat (PHBS) merupakan sekumpulan perilaku yang di praktekkan oleh seseorang atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatannya. Mikroorganisme dapat menginfeksi seseorang lewat semua saluran, pori, dan permukaan tubuh, bahkan dipermukaan tubuh itu sendiri tersebar mikroorganisme. Perawatan bagian-bagian tubuh seseorang merupakan bagian dari praktek kebersihan diri yang harus dilakukan sehari-hari. Mahasiswa PAUD merupakan calon guru anak usia dini sekaligus sebagai calon ibu bagi anak-anaknya, sehingga harus memahami praktek kebersihan diri, untuk mencegah timbulnya penyakit. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan tentang pentingnya kebersihan diri melalui pengalaman mengisolasi keberadaan mikroorganisme di permukaan tubuh dan lingkungan luar kepada mahasiswa P.S PAUD FKIP UNRAM untuk menunjang perilaku hidup bersih sehat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah, praktek isolasi mikroorganisme dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan pengabdian ini menunjukkan bahwa antusias peserta cukup tinggi, terlihat dalam melaksanakan praktek, semua peserta mengikuti kegiatan hingga selesai dan banyaknya pertanyaan terkait dengan hasil pengamatan yang di praktekkan. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian ini dapat memberikan pengalaman untuk membuktikan keberadaan mikroorganisme di tubuh dan lingkungan bagi mahasiswa P.S PAUD FKIP UNRAM sebagai calon guru anak usia dini. Selanjutnya dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah sebagai calon guru maupun di rumah sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Desiyanto, Fajar Ardi & Sitti Nur Djannah. 2013. Efektivitas Mencuci Tangan Menggunakan Cairan Pembersih Tangan Antiseptik (Hand Sanitizer) Terhadap Jumlah Angka Kuman. Jurnal Kesmas. 7(2), 55-112.

Nurul, Ana. (2016). Pembiasaan Perilaku Hidup Bersih Anak Usia Dini Di Paud Melati Jaya Jungkat Kecamatan Siantan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura Pontianak.

Poerwanti, A & E. Rahmawati. 2012. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Nuha Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.