PENGOLAHAN TOMAT MENJADI SAOS TOMAT

Satrijo Saloko, Dody Handito, Novia Rahayu, Suburi Rahman, Afe Dwiani

Abstract


Saos tomat merupakan produk olahan tomat yang paling banyak diproduksi secara komersil. Salah satu daerah yang banyak menjual bahan makanan (seperti bakso bakar, sosis bakar, bakso kuah, telur gulung dan sebagainya) yang memerlukan saos tomat adalah di Kebun Duren Selagalas. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya di Kebun Duren dalam mengolah tomat menjadi saos tomat sehingga dapat menghasilkan saos yang bermutu dan baik bagi kesehatan dan dapat pula meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat Peserta sosialisai sangat antusias mengikuti kegiatan dan dibuktikan dengan aktifnya peserta saat diskusi dan serius dalam mengikuti jalannya proses pemberian materi yang disampaikan tim dosen. Peserta mengerti dan memahami proses pengolahan saos tomat yang baik dan benar serta diharapkan dapat menerapkan proses tersebut di kelurahan Kebun Duren baik untuk produk dagangan seperti cilok, roti goreng, maupun produk-produk makanan lainnya.

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2017. Statistik Indonesia 2017. Badan Pusat Statistik. Dilihat 15 April 2018,

Risni, I.I.A. 2015. Penanganan Panen dan Pasca Panen Tomat. Diakses dari http://kompasiana.com/blogspot.co.id/penanganan-panen-pascapanen-tomat. Diakses tanggal 15 April 2018

USDA-NAL. 2018. United States Department of Agricultural-National Agricultural Library, USDA Nutrient Database for Standard Reference. Dilihat 16 April 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.