PENGENALAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA GURU - GURU SDN 22 MATARAM

Nani Kurniati, Ketut Sarjana, Yunita Septriyana Anwar

Abstract

Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. Kenyataannya masih banyak guru SDN 22 Mataram yang kurang memahami tentang CTL. Oleh sebab itu, perlu dilakukan kegiatan pengabdian tentang pengenalan pembelajaran CTL dalam implementasi kurikulum 2013 pada guru – guru SDN 22 Mataram. Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru tentang CTL dalam implementasi kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan tersebut, kegiatan yang dilakukan adalah penyuluhan dan metode yang digunakan adalah ceramah dan Tanya jawab. Untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman, para guru diberikan pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan yang signifikan pemahaman tentang pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam implementasi kurikulum 2013 pada guru – guru SDN 22 Mataram.

Full Text:

PDF

References

Depdiknas. 2013. Pembelajaran dan Pengajaran Kontekstual, (Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah: 2003).

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.