BELAJAR TAKEPAN SASAK BERSAMA SISWA SMK SHOFWATUL KHAER DESA BILOQ PETUNG, SEMBALUN, LOMBOK TIMUR

Muh. Syahrul Qadri, Murahim Murahim, Mahmudi Efendi, Natsir Abdullah

Abstract

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran kepada peserta didik SMK Shofwatul Khaer tentang bagaimana membaca, menerjemahkan, dan mengkaji naskah kuno masyarakat Sasak (takepan), guna menumbuh-kembangkan minat peserta didik di bidang naskah kuno secara khusus dan sosial budaya pada umumnya, sebagai upaya menggali nilai-nilai luhur peninggalan masyarakat di masa lalu melalui pembacaan takepan Sasak. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan memberikan pembelajaran bagaimana cara membaca takepan Sasak, menerjemahkannya, dan menggalinya, dengan mengadakan pertemuan berulang kali layaknya di perkuliahan. Target luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan membaca peserta didik dalam memahami takepan Sasak, dan melahirkan satu bahan bacaan pembelajaran takepan. Adapun hasil yang diperoleh dalam program pengabdian ini adalah bahwa secara menyeluruh siswa SMK Shofwatul Khaer Desa Biloq Petung Kecamatan Sembalun Lombok Timur sangat antusias dalam menerima proses pembelajaran takepan ini, meski tidak semua siswa dapat mencapai target standar yang diharapkan dikarenakan kondisi sekolah dan siswa itu sendiri.

Full Text:

PDF

References

Chamamah-Soeratno, Siti. 2003. “Filologi sebagai Pengungkap Orisinalitas dan Transformasi Produk Budaya”. Pidato Pembukaan Kuliah Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada Tahun Akademik 2003/2004 tanggal 1 September 2003.

Berbagai Manuskrip atau naskah kuno untuk dijadikan sebagai contoh dalam proses pembelajran.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.