PELATIHAN ENGLISH CONVERSATION UNTUK ANAK-ANAK PANTI AISYIAH AMAL USAHA MUHAMMADIYAH KOTA PANGKALPINANG

Iful Rahmawati Mega, Oktarina Oktarina

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas keahlian anak-anak Panti dalam berkomunikasi Bahasa Inggris, terkhusus tentang percakapan Bahasa Inggris dan untuk menambah pengetahuan mereka dalam penggunaan kosakata Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di Panti Putri Aisyiah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama 2 hari, yaitu tanggal 22 dan 23 Maret 2019. Peserta kegiatan ini yaitu anak-anak Panti Putri yang berjumlah 20 orang dengan sebagian besar yaitu siswi sekolah menengah. Materi ajar English Conversation diberikan kepada peserta sebagai simple module untuk latihan percakapan Bahasa Inggris sehari-hari, dengan metode selama pelatihan yaitu dengan cara penjelasan (lecturing), pengulangan (drilling), pertanyaan (questioning), dan latihan (praticing). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan pelatihan English Conversation mampu meningkatkan keterampilan English Conversation anak-anak Panti serta dapat menumbuhkan minat dan menambah pengetahuan mereka tentang penggunaan kosakata percakapan Bahasa Inggris sehari-hari. Peserta mampu meningkatkan keterampilan English Conversation mereka setelah mengikuti pelatihan dan mempelajari materi ajar yang diberikan, minat dan pengetahuan mereka tentang penggunaan kosakata percakapan Bahasa Inggris sehari-hari mereka juga bertambah, dengan mereka mampu membedakan percakapan fungsi informal dan formal, dan mereka juga semakin rajin untuk mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa tujuan dari kegiatan pelatihan ini bisa dikatakan berhasil. Peserta nantinya diharapkan agar selalu mendapat kegiatan yang serupa sebagai bentuk kegiatan pelayanan kepada masyarakat secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil pelatihan ini, maka dapat disarankan bahwa dosen-dosen Bahasa Inggris di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah agar selalu melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat agar mampu meningkatkan keterampilan anak-anak muda dalam penguasaan Bahasa Inggris serta bisa menumbuhkan minat dan peduli terhadap pengetahuan tentang Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References

Fakhrudin, Mohammad. 2017. Penerapan Kaidah Berbahasa dalam Percakapan Berbahasa Indonesia. Journal of Language Learning and Research (JOLLAR) Volume 1 (1) 41-57. DOI: 10.22236/JOLLAR_1(1)41-57.

Handayani, Sri. 2016. Pentingnya Kemampuan Berbahasa Inggris Sebagai Dalam Menyongsong ASEAN Community 2015. Jurnal Profesi Pendidik, Volume 3 Nomor 1, Mei 2016 Halaman 102-106. ISSN 2442-6350.

Jacob, M.L. 2001. Pragmatics: An Introduction. Australia: Blackwell Publishing.

Mega, Iful Rahmawati. 2018. The Contribution of Vocabulary Mastery and Students’ Self Confidence Toward Speaking Skill. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan (Edutainment), Volume 6 Nomor 2, Desember 2018 Halaman 4. ISSN 2303-372X.

Morrisan & Andy Corry, Wardhany. 2009. Teori Komunikasi, Tentang komunikator, pesan, percakapan, dan hubungan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Subekti, N. B. 2018. Kesulitan Belajar Bahasa Inggris: Tidak Dipergunakan Sehari-hari.https://www.researchgate.net/publication/324585545_Kesulitan_Belajar_Bahasa_Inggris_Tidak_Dipergunakan_Sehari-hari retrieved on Saturday, 26 January 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.