PENYULUHAN TENTANG MENULIS KEILMUAN PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR (SD) GUGUS IV KECAMATAN KOTA MATARAM NUSA TENGGARA BARAT

Ahmad Hari Witono, Nurul Kemala Dewi, Wahyu Hananingsih

Abstract

Guru-guru SD, sebagai sebagai pekerja professional dituntut untuk mampu menghasilkan karya ilmiah, satu di antaranya dalam bentuk tulisan.Sebagai hasil pengamatan du lapangan banyak guru-guru yang mengalami kesulitan dalam menulis yang bersifat keilmuan ini. Atas dasar kondisi demikian, maka penyuluhan ini dipandang penting untuk diadakan. Tujuan pengabdian masyarakat ini ialah kompetensi profesionalitas guru melalui penyuluhan tentang menulis keilmuan. Dalam pelaksanaanya ditempuh melalui tiga tahap. Pertama, koordinasi dengan ketua gugus dan kepada sekolah dimana kegiatan akan dilaksanakan. Kedua, Kegiatan pelaksanaan penyuluhan, dan ketiga, kegiatan evaluasi dan pelaporan. Setelah dilakukan evaluasi dapat dinyatakan bahwa kegiatan berjalan lancar sesuai rencana, bahkan melihat peserta yang mengikuti kegiatan saat itu banyak yang menyatakan keinginan untuk dilaksanakan kegiatan seperti itu lagi.

Full Text:

PDF

References

Brotowidjoyo, Mukayat, D. 1993. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo.

Keraf, Gorys. 1984. Komposisi. Endeh-Flores: Nusa Indah.

Moeliono, Anton, M.(Ed) 1998. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Naga, S. Dall. 1993. Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Cendekia: Pembinaan dan Pemeliharaannya. Dalam Adjat Sakri (Ed) Ilmuwan dan Bahasa Indonesia (hlm. 121-129) Bandung: ITB.

Subarno, Dawud, Rofiu’ddin, A., Basuki, I.A. 1994. Bahasa Indonesia Keilmuan. Malang: Seksi Kajian Bahasa dan Seni.

Suwignyo, Heri, Santoso, Anang, dan Sunoto. 2002. Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Karangan Ilmiah. Malang: UPMU dan LP3.

Suwignyo, Heri. 2014. Bahasa Indonesia Keilmuan Perguruan Tinggi. Malang: Adity Media Publishing.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.