PENDAMPINGAN PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM MENYELESAIAKAN MISKONSEPSI PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI

Titi Laily Hajiriah, I Wayan Karmana, Iwan Doddy Dharmawibawa, Siti Nurhidayati, Tri Sari Wijayanti

Abstract

Proses belajar mengajar apabila pendidik tidak memiliki pemahaman konsep yang kuat akan mudah mengalami konsepsi atau miskonsepsi. Di sekolah terdapat mata pelajaran biologi. Sifat pembelajaran yang sangat luas dan bias saja bersifat kontemporer menjadi salah satu penyebab yang dapat menimbulkan miskonsepsi. Tujuan yang ingin dicapai dalam pengabdian ini adalah menggiring pemahaman siswa tentang konsep-konsep biologi yang sering menjadi miskonsepsi melalui diskusi dan Tanya jawab mengenai soal-soal miskonsepsi yang akan diberikan. Oleh karena itu sangat penting melakukan pendampingan terhadap pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang bersifat miskonsepsi untuk memantapkan penguasaan konsepnya. Teknik analisis data menggunakan teknik Certanty of Response Index (CRI) untuk memperoleh tingkat akurasi pemahaman konsep siswa. Hasil kegiatan berjalan dengan lancer, antusias siswa sangat tinggi siswa yang miskonsepsi menjadi memiliki konsep yang benar dan tepat dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini dapat membantu meluruskan penguasaan konsep siswa yang miskonsepsi menjadi konsep.

Full Text:

PDF

References

Allen, M. 2010. Misconceptions in Primary Science. Mc-Graw Hiil

Arslan, H.O., Cigdemoglu, C., & Moseley, C. 2012. “A Three-Tier Diagnostic Test to Assess Pre-Service Teachers’ Misconceptions about Global Warming, Greenhouse Effect, Ozone Layer Depletion, and Acid Rain”. International Journal of Science Education, 34(11), 1667-1686.

Berg, van den E. (Ed). 1991. Miskonsepsi Fisika dan Remediasi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Ibrahim, M. 2012. Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press.

Putri. 2017 analisis konsepsikonsep dan miskonsepsi siswa. Diakses melalui https://media.neliti.com/media/publications/214541-analisis-konsepsi-dan-miskonsepsi-siswa.pdf.

Sukmadinata, N.S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia & Rosda

Refbacks

  • There are currently no refbacks.