WORKSHOP STORY TELLING PADA SISWA & GURU BAHASA INGGRIS SMP MUHAMMADIYAH SE - PULAU BANGKA

Rindu Handayani, Dwi Indra Aprilliandari

Abstract

Partisipasi aktif siswa/i SMP Muhammadiyah di Kep. Bangka dirasakan masih sangat kurang dalam mengikuti lomba story telling.Maka dari itu perlu diadakannya pelatihan tentang story telling khusus kepada siswa/i dan guru bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah se – Pulau Bangka agar kedepannya mampu bersaing dengan siswa/i yang berasal dari sekolah negeri atau swasta lainnya dalam perlombaan story telling. Kegiatan ini juga diharapkan mampu berkontribusi dalam meningkatkat kemampuan literasi siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berlokasi di 4 (lima) tampat/sekolah, yaitu SMP Muhammadiyah Pangkalpinang, SMP Muhammadiyah Sungailiat, SMP Muhammadiyah Koba, dan SMP Muhammadiyah Muntok. Selama kegiatan workshop, meskipun terkadang suasana kurang efisien dikarenakan terlalu banyaknya siswa di kelas, namun tim pembicara menemukan bakat - bakat baru yang bisa diikutsertakan sebagai peserta lomba story telling. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat dilakukan secara rutin oleh pelatih story telling untuk mencari bakat – bakat dari SMP Muhammadiyah. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan lebih efektif bila siswa/i sudah fasih berbahasa Inggris dan bisa menghafal cerita berbahasa Inggris. Sedangkan alokasi waktu untuk latihan story telling minimal 2 jam tiap minggu.

Full Text:

PDF

References

Kalantari, F., & Hashemian, M. 2015. A Story-Telling Approach to Teaching English to Young EFL Iranian Learners. English Language Teaching. 9(1), 221-234.

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, & Nurfalah, Y. 2008. Strategi Pembelajaran PAUD Melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah VISI PTK-PNF. 3(2), 198-203.

Mubarok, W.I. 2008. Buku ajar kebutuhan dasar manusia: Teori dan Aplikasi Dalam Praktik. Jakarta: Media Aesculapius.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.