PELATIHAN KALKULATOR JARI GENERAL SISWA KELAS V DAN VI DI SDN TAMBAN MUARA 1

Ahmad Lazwardi, Iin Ariyanti

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung perkalian siswa serta sebagai bentuk pengabdian dalam memberikan sumbangan keilmuan kepada masyarakat. Kegiatan ini berupa pelatihan kalkulator jari general yang dikembangkan dari kalkulator ekonomis jari tangan. Sasaran pelatihan merupakan siswa kelas V dan VI SDN Tamban Muara 1. Kegiatan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pertama dimana tim pelaksana memberikan penjelasan dan demo penggunaan kalkulator jari general, tahap kedua yaitu siswa diminta untuk mencoba melakukan perhitungan perkalian menggunakan kalkulator jari general, dan tahap ketiga yaitu tim pelaksana memberikan kuis tanya jawab kepada siswa. Secara keseluruhan, kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar.

Full Text:

PDF

References

Lazwardi, A. (2011). Modifikasi Paket Kejar Menjadi Paket Kejar General dalam Berhitung. Skripsi, tidak dipublikasikan. STKIP PGRI Banjarmasin.

Mufarizuddin. (2018). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 012 Bangkinang Kota. Journal on Education Volume 1, No. 1, 40 - 47.

Raharjo, M., Waluyati, A., & Sutanti, T. (2009). Modul Matematika SD Program Bermutu: Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bilanga Cacah di SD. Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.

Saj'ah, U. F. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 10 No.2 , 98 - 104.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.