PELATIHAN PENYUSUNAN PETUNJUK PRAKTIKUM: PERSIAPAN UJIAN PRAKTIK BIOLOGI KELAS XII DI SMAN 1 LABUAPI

Siti Rabiatul Fajri, Akhmad Sukri, Any Fatmawati, Masiah Masiah, Sapnowandi Sapnowandi

Abstract

Kegiatan pengabdian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan menyusunan petunjuk praktikum dalam rangka persiapan ujian praktik kelas XII. Kegiatan tidak hanya diperuntukkan untuk guru yang mengampu matapelajaran biologi namun juga akan diikuti oleh guru yang mengampu matapelajaran yang akan melaksanakan ujian praktik menjelang Ujian Nasional serta siswa dan siswi kelas XII. Melalui kegiatan ini, diharapkan guru mampu merancang dan menyusun petunjuk praktikum yang dapat difahami dengan mudah oleh siswa. Sehingga kegiatan ujian praktik dapat berjalan lancar dan menghasilkan hasil evaluasi yang baik. Kegiatan dilaksanakan 2 hari (9 Agustus s/d 10 Agustus 2019) di Aula SMAN 1 Labuapi. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi koordinasi kegiatan, persiapan alat dan bahan, pelaksanaan dan evaluasi. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan diawali pemberian materi oleh pemateri Dr. Akhmad Sukri, M.Pd mengenai cara pembuatan petunjuk praktikum yang baik dan dapat difahami oleh peserta didik, selanjutnya peserta diberikan tutorial/pelatihan atau simulasi praktikum berbasis digital, dengan tujuan peserta didik dapat melakukan praktikum setiap waktu dan dimana saja. Pada kegiatan pengabdian, peserta pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan hingga kegiatan selesai. Berdasarkan hasil evaluasi sebanyak 88% peserta merasa puas terhadap kegiatan pelatihan dan 12% merasa tidak puas atas terselenggaranya pelatihan.

Full Text:

PDF

References

Gabel, D.L. 1994. Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York: Mc Millan Publishing Company

Sudirman. 2008. Potret Laboratorium Biologi SMA Di Wilayah Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan. 1(3): 89-98.

Sawitri S. 2008. Model Pengembangan Buku Petunjuk Praktek Mata Kuliah Draping. Jurnal Penelitian Pendidikan. 24(1): 23-24.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.