PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN MOTIF BATIK BERBASIS DIGITAL PATTERN YANG MENGANDUNG KARAKTER DAN KEARIFAN LOKAL PADA GURU MGMP SENI BUDAYA SMP KABUPATEN MALANG

Denik Ristya Rini, Ima Kusumawati Hidayat, Yon Ade Lose H.

Abstract

Tujuan dari Kegiatan Masyarakat ini adalah untuk memberikan ketrampilan pada guru Seni Budaya SMP Kabupaten Malang agar memiliki ketrampilan dalam mengambangkan motif batik berbasis digital pattern yang mengandung karakter dan kearifan local. Tujuan setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan adalah agar guru seni budaya SMP Kabupaten Malang mampu membimbing siswa dalam mengembangkan motif batik khas Malangan. Selain itu agar guru mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya dengan membuat motif batik dengan digital pattern. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah, diksusi, tanya jawab serta latihan langsung membuat motif batik berbasis digital pattern. Pelatihan ini terbagi menjadi tiga sesi, yang pertama materi oleh para narasumber terkait teknik pengembangan motif berbasis digital pattern. Sesi ke- dua adalah sesi latihan langsung dimana seluruh peserta berlatih secara mandiri mengembangkan motif berbasis digital pattern. Sesi ke-tiga merupakan sesi evaluasi hasil latihan dan pendampingan kepada peserta pelatihan.Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah proses yang kami amati selama kegiatan pengabdian berlangsung peserta sangat antusias untuk mengikuti materi dan diakhir hasil pengabdian 90% peserta pengabdian telah dapat mengembangkan motif batik berbasis digital pattern secara mandiri.

Full Text:

PDF

References

Asti, M & Ambar, A.B. 2011. Warisan Adhiluhung Nusantara. Yogyakarta: ANDI.

Ulumudin & Sulistyawati. 2019. Pengembangan Motif Tenun Troso Berbasis Komputer Grafis. Jurnal Andharupa. 5(1).

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Samo, D.D., Dominikus, W.S., Kerans, D.S., & Rusik, R.M. 2019. Pelatihan Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Matematika Se-Kecamatan Sulamu Kabupaten Kupang. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat Universitas Mataram. 2(3): 372-377.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.