PEMBELAJARAN PPKn BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK INTERNALISASI NILAI KARAKTER

Yuliatin Yuliatin, Mursini Jahiban, Muhammad Mabrur Haslan

Abstract

Mata pelajaran PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang brorientasi pada internalisasi nilai karakter. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan pembelajaran yang berorientasi untuk itu yang dapat dilakukan dengan mengintegrasikan kearifan lokal. Namun demikian, faktanya menunjukkan bahwa guru PPKn SMP di Lombok Barat masih ada yang belum mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Hal tersebut nampak dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang disusun dan juga media pembelajaran yang digunakan di kelas masih berorientasi pada apa yang ada di buku guru dan buku sisiwa yang berlaku secara nasional sehingga membuat pembelajaran menjadi kurang realistis serta kurang berorientasi pada internalisasi nilai karakter. Oleh karena itulah dilaksanakan kegiatan pengabdian dengan tujuan agar khalayak sasaran, yakni guru PPKn SMP di Lombok Barat dapat mengembangkan pembelajaran PPKn berbasis kearifan lokal untuk internalisasi nilai karakter. Metode yang digunakan adalah pendampingan. Hasil pelaksanaan pengabdian adalah: (1) tersusunnya RPP mata pelajaran PPKn berbasis kearifan lokal untuk kelas VII semester I materi pokok Beragam Norma Dalam Masyarakat,  dan kelas VIII semester I materi pokok Kedudukan dan Fungsi pancasila, (2) tersusunnya media pembelajaran berupa PowerPoint tentang beragam norma dalam masyarakat, berbasis kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References

Asriati, N. 2013. Mengembangkan Karakter Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Melalui Pembelajaran di sekolah. Jurnal pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 3(2).

Khilmiyah, A. 2005. Metode Pengajaran Kewarganegaraan. Yogyakarta: Diklitbang Muhammadiyah.

Musanna, A. 2011. Rasionalitas dan Aktualitas Kearifan Lokal Sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 17(5). 588-598.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 tahun 2013 tentang Krangka Dasar dan Struktur Kurikulum sekpolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Wijana, N. 2015. Pengaruh Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berorientasi Kearifan Lokal Ke dalam Materi Ajar Matakuliah Ilmu Lingkungan Untuk Meningkatkan Soft Skill Mahaiswa Jurusan pendidikan Biologi Fmipa Undikhsa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(2).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.