PENYULUHAN DIKSI WASIAT RENUNGAN MASA PENGALAMAN BARU KARYA TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MADJID SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PUISI RAKYAT SETEMPAT PADA GURU-GURU BAHASA INDONESIA MTs NW GUNUNG SARI

Sapiin Sapiin, Marii Marii, Cedin Atmaja, Muh. Khairussibyan

Abstract

Buku Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Madrasah Tsanawiah (SMP/MTs) mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebuayaan Tahun 2017 menjelaskan bahwa K.D. 3.9 berbunyi “Mengidentifikasi informasi (pesan, rima, pilihan kata dari puisi rakyat setempat yang dibaca dan didengar.” Selanjutnya pada K.D. 4.10 berbunyi “mengungkapkan perasaan, pesan dalam bentuk puisi rakyat secara lisan dan tulisan dengan memperhatian struktur, rima, dan penggunaan bahasa (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017). Kedua KD ini belum pernah diajarkan atau dikembangkan bahan ajarnya, hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh salah seorang guru Bahasa Indonesia MTsN. NW Gunung Sari pada saat melaksanakan observasi. Pengabdian masyarakat ini adalah usaha untuk memecahkan masalah tersebut. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk penyuluhan yang dapat dikelompokkan ke dalam dua bentuk kegiatan, yaitu ceramah umum dan pemberian latihan terbimbing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berbentuk penyuluhan yang dapat dikelompokkan ke dalam dua bentuk kegiatan yaitu ceramah umum dan pemberian latihan terbimbing. Penyampaian materi di hadapan peserta dilakukan dengan metode ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Pemateri bergantian menyampaikan materi sesuai dengan tugas masing-masing dengan urutan materi yang telah ditetapkan. Ketika terjadi tanya jawab dengan peserta pemateri menjawab sesuai dengan kemampuan dan kapasitas masing-masing.

Full Text:

PDF

References

Fadlullah. 1994. Analisis Struktural dan Pragmatik Syair Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru Karya TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majid. Skripsi. Mataram. Fakultas Sastra Universitas Nahdlatul Wathan Mataram.

Keraf, Gorys. 1988. Diksi Dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017 Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Madrasah Tsanawiah (SMP/MTs) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta.

Madjid, Muhammad Zainuddin Abdul. 1984. Wasiat Renungan Masa Pengalaman Baru. Surabaya: PT. Bina Ilmu Offset.

Madjid, Muhammad Zainuddin Abdul. 1994 Nazam Batu Ngompal. Pancor: Penerbit Nahdlatul Wathan.

Noor, Mohammad dkk. 2004. Visi Kebangsaan Religius Refleksi Pemikiran Tuan Guru Kyai Haji Zainuddin Abdul Madjid Abdul Madjid 1904-1997. Jakarta: Logos Wacana.

Pradopo, Rachmat Djoko. 1993. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada Universy Press.

Sapiin. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menyimak Bahasa dan Sastra Indonesia. Mataram: Mataram University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.