PENGENALAN DAN PELATIHAN AUTOCAD UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK NUSANTARA MANDIRI KOTA BONTANG

Ahmad Yani, Ratnawati Ratnawati, Yano Hurung Anoi

Abstract

Salah satu ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang sesuai dengan tuntutan perkembangan jaman dan tuntutan di dunia industri, yaitu menggambar teknik menggunakan program AutoCAD. Berdasarkan tujuan khusus Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 maka perlu melaksanakan pelatihan AutoCAD untuk siswa SMK. Tujuan pengabdian ini adalah (1). Untuk memperkenalkan program AutoCAD kepada siswa SMK Nusantara Mandiri. (2). Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan teknik menggambar AutoCAD yang lebih mudah dan waktu singkat, dibandingkan metode menggambar manual. (3). Untuk mengubah metode pengajaran guru pengampu mata pelajaran menggambar teknik dari metode manual menjadi program komputer (AutoCAD). Metode yang digunakan pada pengabdian masyarakat ini yaitu metode pengajaran, demostrasi dan Praktek. Hasil pengabdian masyarakat ini yaitu siswa sangat tertarik dengan penggunaan AutoCAD dalam mata pelajaran menggambar teknik karena lebih mudah dipahami, motivasi belajar siswa-siswi SMK Nusantara Mandiri dalam belajar mempelajari menggambar teknik sangat besar karena dapat menggikuti perkembangan zaman yaitu menggunakan teknologi computer, dan guru pengampuh mata pelajaran menggambar teknik berkomitmen untuk mengaplikasikan metode menggambar menggunakan AutoCAD kepada siswanya.

Full Text:

PDF

References

Akhmadi, A.N., Qurohman M.T., & Syarifudin, S. 2017. Peningkatan Kompetensi Auto CAD Bagi Siswa SMK Ma’arif NU Talang Kabupaten Tegal. Jurnal Abdimas PHB. 1(1), 15-21.

Atmajayani, R.D. 2018. Implementasi Penggunaan Aplikasi AutoCAD dalam Meningkatkan Kompetensi Dasar Menggambar teknik bagi Masyarakat, Jurnal Riset dan Konseptual. 3(2), 184-189.

Kesowo, B. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Kristanto, Y. 2007. Mahir dalam 5 Hari AutoCAD 2D Untuk Teknik Mesin. Yogyakarta: Andi Offset

Lapisa, R., Basri, I.Y., Arif, A., & Saputra, H.D. 2017. Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pelatihan AutoCAD. Jurnal INVOTEK. 17(2), 119-126.

Suparno, Sastra M. 2006. Menjadi Desainer Profesional Dengan AutoCAD. Yogyakarta: Andi Offset

Sukarno, R., Sugita, I.W., & Syaefudin, E.A. 2018. Pelatihan Dasar-Dasar Cad/Cam/Cae Dan Software Autocad Untuk Guru-Guru Smk Bidang Keahlian Teknik Mesin Di Wilayah Kabupaten Bekasi. Jurnal Sarwahita. 11(2), 122-129.

Yani, A., Ratnawati, Septiani, M., & Nuhardin, I. 2019. Pelatihan Autocad Level 2 Dimensi Dan 3 Dimensi Untuk Siswa Dan Guru SMK Nusantara Mandiri, Laporan Pengabdian Masyarakat. Sekolah Tinggi Teknologi Industri Bontang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.