PKM PEMANFAATAN LIMBAH KOPI DI DESA CATUR KABUPATEN BANGLI

N.L.U Sumadewi, D.H.D Puspaningrum, N.N Adisanjaya

Abstract

Mitra dalam kegiatan ini adalah Ibu Sang Ayu Budi Aningsih yang merupakan Ketua Kelompok Tani yang terdiri dari empat puluh orang dan telah mengolah limbah kopi menjadi pupuk cair dan teh ceri kopi. Ibu Sang Ayu Budi Aningsih bertempat tinggal di Desa Catur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar kelompok wanita tani dapat memanfaatkan limbahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, selain dari produk-produk yang telah dhasilkan agar produknya beranekaragam. Rencana kegiatan berikutnya adalah evaluasi kegiatan. Indikator capaian dari kegiatan ini adalah mitra mampu mengolah limbah kopi secara mandiri menjadi dupa dan lilin dengan hasil persentase 96%, kemudian mampu melakukan pengemasan serta pemasaran dupa dan lilin hasil dari pengolahan limbah tersebut.

Full Text:

PDF

References

Farhaty, N. dan Muchtaridi, 2016. Tinjauan Kimia dan Efek Farmakologi Senyawa Asam Klorogenat Pada Biji Kopi. Farmaka Suplemen, 14(1), 214 - 227.

Profil Desa Catur. 2019. catur.sid.my.id. tanggal akses 09 April 2020.

Sarwoko, E., Nurfarida, I.N., Ahsan, M., Indawati, N., dan Kusumawati, E.D. 2018.Pengembangan Usaha Dupa Wangi Sebagai Produk Unggulan Desa Petungsewu. MNC. Malang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.