PELATIHAN PEMBUATAN INSTRUMEN TES TERPADU KETERAMPILAN BERPIKIR DAN PENGUASAAN KONSEP BAGI GURU IPA

I Wayan Karmana, Iwan Doddy Dharmawibawa, Titi Laily Hajiriah

Abstract

Tujuan dari pelatihan ini adalah berupaya untuk mengenalkan dan melatihkan pengembangan instrumen terpadu keterampilan berpikir dan penguasaan konsep bagi guru-guru IPA SMPN 5 Mataram. Melalui pelatihan ini diharapkan guru akan lebih memahami bagaimana cara mengembangkan instrumen terpadu keterampilan berpikir dan penguasaan konsep yang selanjutnya akan menghasilkan produk berupa intrumen dimaksud untuk mata pelajaran IPA yang diajarkannya.Mengacu  dari  instrumen  yang  telah  dihasilkannya,  diharapkan  guru mampu mengembangkan sendiri setelah pelatihan instrumen sejenis untuk topik- topik yang lainnya. Luaran akhir yang diharapkan guru mampu mengukur dan mengakses keterampilan beripikir dan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran yang diajarkannya, sehingga dapat mengetahui profil keterampilan tersebut sebagai dasar pengembangannya kedepan. Metode dalam pelaksanaan pelatihan menggunakan metode IST (in service training) yaitu presentasi kepada para peserta pelatihan tentang instrumen keterampilan berpikir dan penguasaan konsep. Selanjutnya metode OST (on service training) digunakan saat pendampingan pembuatan instrumen yang dimaksud. Luaran dari kegiatan ini dari seluruh peserta pelatihan ini yang mampu menyelesaikan instrumen dengan baik dan benar dari 10 orang guru IPA berkisar 40% sisanya bias dinyatakan mampu menyusun tetapi tidak memenuhi standar contoh istrumen yang tim sajikan.

Full Text:

PDF

References

Hunaepi, S. P. (2016). Pelatihan Penelitian Tindakan Kleas (PTK) dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru di MTs NW Mertaknao. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 1(1), 38-40.

Liliasari. (2000). Model Pengembangan IPA untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Calon Guru Kecenderungan Baru pada Era Globalisasi. Jurnal Pengajaran. 2(1), 55-60.

Muhali1, M. A. (2019). Pelatihan Kegiatan Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Madrasah aliyah Negeri 3 Lombok Tengah. ABDIHAZ: Jurnal Ilmiah Pengabdian. 1(1), 28-36.

Ni Nyoman Sri Putu Verawati, W. W. (2019). Pendampingan Kelompok Guru IPA Di SMPN 3 Batukeliang dalam Mengembangkan Perangkat Pembelajaran K-13 untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. JPMSI : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia. 1(1), 18-21.

Putri, L.V., & Manoy, J. T. (2016). Identifikasi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah aljabar di kelas VIII berdasarkan Solo taksonomi. E- Journal Unesa.

Saiful Prayogi, I. K. (2016). IbM KELOMPOK GURU MADRASAH ALIYAH YANG MENGEMBANGKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 1-6.

Shah Duta Sukma Pradana, P. S. (2017). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Optik Geometrik untuk Mahasiswa Fisika. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 21(1), 51-64.

Siti Marwiyah, K. R. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran. Edu-sains , 4(1), 26-31.

Yoki Ariyana, A. P. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasai pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Dikjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.