PENTINGNYA SOFT SKILL UNTUK PERSIAPAN MAGANG SISWA SMK

Marsiana Luciana Sitanggang

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan soft skill yang dimiliki siswa SMK guna memasuki dunia kerja dalam bentuk magang. Adaptasi dan komunikasi di lingkungan kerja sangat dibutuhkan, karena merupakan dasar untuk bisa diterima di lingkungan atau komunitas yang baru. Hal tersebut yang harus dikembangkan siswa sebelum masuk ke dunia kerja. Tim pengabdian masyarakat yakin bahwa semua siswa pasti bisa beradaptasi dan berkomunikasi. Akan tetapi, yang menjadi hambatan setiap siswa adalah kurang percaya diri saat berada di lingkungan baru. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini adalah simulasi. Simulasi dilakukan dalam dua sesi. Hasil dari metode simulasi bahwa soft skill yang dimiliki siswa dapat terlihat dan berkembang.

Full Text:

PDF

References

Kamil, M. (2012) Model Pendidikan dan Pelatihan ; Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Manara, U. (2014). Hard Skills dan Soft Skills Pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri. Jurnal Psikologi Tabularasa. 9(1). 37-47.

Mahasneh, J., & Thabet, W. (2015). Rethinking Construction Curriculum: A Descriptive Cause Analysis for Soft Skills Gap. ASC Annual International Conference Proceedings, 1-8

Rachmat, A., Wijana, K., Lukito, Y., Santosa, G., Delima, R., Siang, J. J., & Santoso, H. B. (2017). Pendampingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional Kompute(OSNK) bagi Siswa SMA 7 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2017, 2. Bandung.

Setiani, F., Rasto. (2016). Mengembangkan Soft Skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. 1(1). 160-166.

Turistiati, A. T. (2016). Intercultural Communication Competence: Its Importance to Adaption Strategy towards People With Different Cultural Background. Ijtima’iyya: Journal of Muslim Society Research. 1(1). 63-78.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.