SOSIALISASI BUKU PANDUAN ERGONOMI “LEARNING FROM HOME” DARI PERHIMPUNAN ERGONOMI INDONESIA GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI PESERTA DIDIK USIA TIGA SAMPAI DENGAN TIGA BELAS TAHUN DI KECAMATAN PETIR KABUPATEN SERANG

Deni Sunaryo

Abstract

Buku Panduan Ergonomi “Learning From Home” dari perhimpunan Ergonomi Indonesia merupakan buku yang menjelaskan berkaitan pola pembelajaran di rumah bagi peserta didik maupun orang tua yang sedang melakukan pembelajaran. Pada Pengabdian masyarakat kali ini pengabdi menawarkan untuk memberikan solusi yang dibutuhkan oleh para peserta didik maupun orang tua di kecamatan Petir di dalam hal pembelajaran kepada para peserta didik. Salah satu masalah yang timbul dalam pembelajaran dirumah adalah kurangnya inovasi pembelajaran dalam menerapkan pembelajaran kooperatif yang ergonomi di rumah. Maka dengan adanya masalah yang di hadapi oleh peserta didik dan orang tua selama pembelajaran di rumah mengambil kesimpulan untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan memberikan sosialisasi menggunakan media pembelajaran dengan mengggunakan buku panduan ergonomi “Learning From Home” dari Perhimpunan Ergonomi Indonesia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Buku panduan ergonomi “Learning From Home” dari Perhimpunan Ergonomi Indonesia dikemas dengan berbagai tulisan dan gambar-gambar yang menarik sehingga menumbuhkan motivasi siswa untuk mempelajari materi yang ada pada buku ini.Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan kepada orang tua, guru dan peserta didik. Hasil pengabdian pada sosialisasi buku ergonomi ini sangat antusias diterima oleh para orang tua, guru dan peserta didik serta pada saat praktek melaksanakan sesuai dengan yang ada di buku panduan ergonomi sangat mudah dipahami oleh orang tua, guru, dan peserta didik. Buku panduan ergonomic ini sebaiknya juga dipublikasikan secara nasional berdasarkan kebijakan pemerintah sehingga kadar manfaat dari buku ini sangat tinggi.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Badan Pusat Statistik. (2017). Kecamatan Petir Dalam Angka. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020, Jam 12.25 WIB.

Mulyasa. (2013). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Reigeluth, C.M & Chellman, A.C. (2009). Instructional-Design Theories and Models Volume III, Building a Common Knowledge Base. Taylor & Francis. New York.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.