PENYULUHAN PENYUSUNAN ANALISIS STEM UNTUK GURU MATEMATIKA SMAN 1 KUTA UTARA

Ni Made Dwijayani, Ni Putu Meina Ayuningsih, Kadek Indah Melanie Dewi

Abstract

Pendidikan STEM adalah pendekatan dalam pendidikan di mana Sains, Teknologi, Engineering, Matematika terintegrasi dengan proses pendidikan berfokus pada pemecahan masalah dalam kehidupan nyata sehari-hari. Salah satu Lembaga Pendidikan menengah di Kuta Utara yaitu SMA Negeri 1 Kuta Utara belum menerapkan sistem pendidika STEM dalam pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan informasi kepada guru matematika tentang cara menyusun analisis STEM dalam perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum saat ini. Pengabdian di SMA Negeri 1 Kuta Utara ini dilaksanakan dengan metode penyuluhan yang dilaksanakan dengan tatap muka dan mengutamakan protokol kesehatan. Setelah selesai penyuluhan, peserta diberikan kuesioner untuk menentukan bagaimana kualitas pengabdian yang dilaksanakan. Dari hasil kuesioner dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan ini tergolong baik dan mampu memberikan informasi yang bermanfaat kepada guru matematika terkait penyusunan analisis STEM. Kedepannya diharapkan kegiatan pengabdian ini akan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan dan pendampingan.

Full Text:

PDF

References

Banning., J., & Folkedstad, J. (2012). STEM Education Related Dissertation Abstracts: A Bounded Qualitative Meta-Study. Journal Science Education Technology, 12(6), 730-741.

Ostler, K. (2012). Century STEM Education: A Tectical Model for Long Range Succes. International Journal of Applied Science and Technology. 2(1), 15-17.

Winarni, J., Zubaidah, S., & Koes, S. (2016). STEM: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana. Prosiding Semnas Pend IPA Pascasarjana UM.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.