BIMBINGAN TEKNIS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZIZZ BAGI GURU SEKOLAH DASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Dessy Dwitalia Sari, Tika Puspita Widya Rini

Abstract

Kegiatan bimbingan teknis dilaksanakan untuk menambah keterampilan dan kompetensi guru sekolah dasar dalam rangka memberikan pengalaman pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan. Bimbingan teknis dilakukan dengan memberikan pelatihan penggunaan aplikasi Quizizz sebagai salah satu alternatif pembelajaran daring selama pandemi Covid-19. Bimbingan teknis dilakukan dengan mengajarkan kepada guru-guru sekolah dasar SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin tentang aplikasi Quizizz. Pelatihan dimulai  dengan langkah-langkah kegiatan seperti pembuatan akun Quizizz, cara menambahkan soal, berbagi soal dengan siswa dan menyimpan penilaian siswa. Pelaksanaan bimbingan teknis dilakukan menggunakan zoom dengan jumlah peserta 17 guru dan dilakukan selama 1 hari. Setelah kegiatan bimbingan, para guru diberikan kesempatan untuk membuat soal-soal dalam Quizizz sesuai materi mereka masing-maisng dan dibagi dalam forum bimbingan teknis. Di akhir proses pelatihan, para guru mengisi kuesioner untuk mengukur keberhasilan pelatihan. Hasil rata-rata nilai pretest sebesar 60,58 dan hasil posttest sebesar 70 yang menunjukkan peningkatan pemahaman para guru tentang penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai variasi pembelajaran daring dimasa pandemi.

Full Text:

PDF

References

Arsyad, Azhar. (1997). Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & Meidawati. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.

Wekke, I. S., & Hamid, S. (2013). Technology on Language Teaching and Learning: A Research on Indonesia Pesantren, Procedia – Social and Behavioral Science, 83, 585-589.

www.ahzaa.net (diakses 15 Juli 2020 jam 09.20)

www.quizizz.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.