PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS IT BAGI GURU SDN LESENG

Eryuni Ramdhayani, Indah Dwi Lestari, Erma Suryani, Rini Qurratul Aini, Hermansyah Hermansyah

Abstract

Media pembelajaran berbasis IT menjadi sangat penting untuk mendukung proses pembelajaran di masa pandemik ini. Untuk lebih efektifnya proses pembelajaran, maka guru juga harus meningkatkan kompetensi dalam menggunakan dan memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru SDN Leseng dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis IT melalui pelatihan dan pendampingan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini diadakan di SDN Leseng Moyo Hulu Sumbawa dengan jumlah peserta sebanyak 8 orang guru. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan antusiasme guru yang sangat tinggi untuk meningkatkan kompetensinya masing-masing. Guru yang semulanya sangat awam dengan media pembelajaran berbasis IT menjadi lebih mengetahui jenis-jenisnya dan lebih memahami dalam pemanfaatannya.

Full Text:

PDF

References

Maharani, I. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis IT Bagi Guru-Guru SMP Daarul Cisaat Kabupaten Sukabumi. Jurnal Surya: Seri Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1),113-118.

Musfiqon, H. (2015). Pendekatan pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Novitasari, A. (2020). Pelatihan Membuat Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal pengabdian Untuk Mu Negeri. 4(1), 66- 73.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.