PENYULUHAN PEMELIHARAAN IKAN CUPANG SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT DEMAM BERDARAH (DBD) PADA IBU-IBU PKK PERUMAHAN PERMATA JOMBOR SUKOHARJO

Sri Hasono, Nur Rokhimah Hanik, Tri Wiharti, Siti Akbari

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman dan ketrampilan ibu-ibu warga perumahan Permata Jombor setelah diberikan penyuluhan dan pelatihan tentang cara pemeliharaan ikan Cupang. Pelatihan dilaksanakan sebanyak 2 kali. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, serta bimbingan praktek cara pemeliharaan ikan Cupang. Target dari penyuluhan dan pelatihan ini adalah terjadi peningkatan pemahaman tentang; penyakit DBD, manfaat ikan Cupang, lingkungan hidup ikan Cupang, dan cara pemeliharaan ikan Cupang. sebesar 30 dan rata-rata pemahamannya > 70 serta nilai ketrampilan dalam memelihara ikan Cupang > 70. Pelaksanaan PPM hanya dapat dilaksanakan dua kali yaitu hari minggu 5 Juli 2020 dan observasi lapangan hari Sabtu 15 Agustus 2020, dari hasil Pelatihan pemeliharaan ikan Cupang  pada ibu-ibu anggota PKK perumahan Permata Jombor RT 05 RW VII Jombor Sukoharjo, dapat disimpulkan bahwa: 1. Pemahaman ibu-ibu PKK perumahan Permata Jombor RT 05 RW VII Jombor Sukoharjo dikatakan baik (nilai rata-rata 93,2 dan peningkatan nilainya 64,6%) karena telah memenuhi indikator kinerja Pelatihan, 2. Nilai ketrampilan perawatan ikan Cupang juga dikatakan baik (nilai rata-rata 89,9) 3. Ikan Cupang peliharaan ibu-ibu peserta semuanya sehat, meskipun ada 3 toples kondisi agak kotor dan air dalam toples untuk memelihara ikan agak kotor.

Full Text:

PDF

References

Anonimus. (2017). Jumlah Penduduk jombor. diakses dari http://sukoharjokab.go.id/ laporan_ kependudukan/ umur/rekap/ 6/1001

Febrina Erma Putri. (2012). Pengaruh Penyuluhan Terhadap Peningkatan Pengetahuan ASI Eksklusif di RSKIA Sakina Idaman Yogyakarta. Program Studi Bidan Pendidik Jenjang DIV Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Aisyiyah.Yogyakarta.2012.

Peraturan Menteri Kesehatan RI. No. 374 tahun (2010). Pengendalian Vektor Penyakit.

Indah Septiyaning Wardani. (2019). Demam Berdarah Dengue Renggut 10 Nyawa, DKK Sukoharjo Waspada. Solopos.com.

Sukoharjonews. Com. (2018). 41 Desa/ Kelurahan Dinyatakan Endemis Demam Berdarah Dengue.

Yogyana, L. (2013). Hubungan karakteristik lingkungan kimia dan biologi dengan keberadaan larva aedes aegypti di wilayah endemis DBD di Kelurahan Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar tahun 2013.

Yunia. Wahdiyati.. Solopos. com. Sukoharjo. (2019). Hati-Hati Kasus DBD di Sukoharjo Didominasi Anak-Anak.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.