“SHARING DATA” SELAMATKAN PENYU DI KAWASAN EKOSISTEM ESENSIAL (KEE) KORIDOR PENYU DESA KURANJI DALANG KABUPATEN LOMBOK BARAT

Maiser Syaputra, Andi Chairil Ichsan, Hairil Anwar, Kornelia Webliana, Diah Permatasari

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah: (1). Memberikan alternatif baru dalam mengelola lingkungan hidup dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat Desa Kuranji Dalang secara aktif berkontribusi dalam upaya pelestarian penyu. (2). Meningkatkan pengetahuan, peran serta, kesadaran dan kemandirian masyarakat Desa Kuranji Dalang akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup khususnya penyu (3). Memberikan penyuluhan mengenai metode Sharing data dalam mendukung upaya pelestarian penyu. Metode pengabdian terdiri dari tiga tahap yaitu pra kegiatan (persiapan, konsolidasi tim, observasi lapangan), tahap perancangan aplikasi, tahap penyuluhan, tahap praktik dan penyusunan laporan. Kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan penyuluhan ini adalah (1). Peserta mendapatkan alternatif baru dalam mengelola lingkungan hidup dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat Desa Kuranji Dalang secara aktif berkontribusi dalam upaya pelestarian penyu. (2). Pengetahuan, peran serta, kesadaran dan kemandirian masyarakat Desa Kuranji Dalang akan pentingnya melestarikan lingkungan hidup khususnya penyu meningkat (3). Penyuluhan mengenai metode Sharing data dalam mendukung upaya pelestarian penyu berjalan dengan baik sesuai tujuan yang ditetapkan.

Full Text:

PDF

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [APJII]. (2018). Pengguna dan Perilaku Internet Indonesia. APJII. Jakarta

Direktorat Konservasi dan Taman Nasional Laut. (2009). Pedoman Teknis Pengelolaan Konservasi Penyu. Departemen Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Jakarta.

IUCN. (2020). https://www.iucnredlist.org/ species/8005/12881238. [16 Februari 2020]

Restore+. (2020). Urun Data, Sumbang Data Jadi Nyata. https://urundata.id/tentang. [24 Februari 2020]

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Statcounter. (2020). Mobile Operating System Market Share in Indonesia. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia. [24 februari 2020].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.