PELATIHAN TERAPI SENSORI INTEGRASI UNTUK MENGATASI HAMBATAN BELAJAR ANAK TUNA GRAHITA DI MI NW TANAK BEAK

Khairun Nisa, Nurul Kemala Dewi, Niluh Putu Nina Sriwarthini, Vivi Rachmatul Hidayati, Hasnawati Hasnawati

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah melatih guru dalam mengidentifikasi dan mengatasi kesulitan belajar pada anak tuna grahita melalui terapi sensori integrasi. Lokasi program pengabdian masyarakat ini di MI NW Tanak Beak yang merupakan salah satu madrasah inklusi di Kabupaten Lombok Barat. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah koordinasi, komunikasi, sosialisasi dan pelatihan. Pengabdian dilakukan melalui dua tahap. Pada tahap pertama dilakukan sosialisai tentang pendidikan inklusif, karakteristik anak berkebutuhan dan bentuk layanan yang harus diberikan pada anak berkebutuhan khusus. Pada tahap kedua dilakukan pelatihan terapi sensori integrasi. Pada tahap awal instruktur memberikan contoh terapi terhadap anak tuna grahita, melakukan simulasi terapi, praktik terapi dan pada tahap akhir guru melakukan terapi secara mandiri terhadap anak tuna grahita di lingkungan sekolah. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini antara lain: 1) dapat menambah wawasan dan pengetahuan guru dalam memberikan layanan terhadap anak tuna grahita. 2) guru dapat memperoleh keterampilan dalam melakukan terapi sensori integrasi secara mandiri untuk mengatasi hambatan belajar anak tuna grahita. Melalui pelatihan terapi sensori integrasi diharapkan kompetensi guru dalam menangani hambatan belajar anak tuna grahita dapat meningkat, sehingga permasalahan hambatan belajar yang dialami anak tuna grahita dapat segera diselesaikan.

Full Text:

PDF

References

Anjarsari, A. D. (2018). Penyelenggaraan pendidikan inklusi pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sidoarjo. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 1(2), 91.

Delphie, B. (2009). Pendidikan Anak Autis. Yogyakarta: Intan Sejati.

Dewi, K., Suryana, J., & Widnyana, I. G. N. (2016). Proses pengajaran mewarnai di SLB-C Negeri Singaraja. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 6(1).

Fauzi, A., Anar, A. P., Rahmatih, A. N., Wardani, K. S. K., & SriWarthini, N. L. P. N. (2020). Persepsi Guru Terhadap Siswa Berkesulitan Fungsional Di SD Negeri Gunung Gatep Kabupaten Lombok Tengah. Progres Pendidikan, 1(2), 72–79.

Fedulova, I., Ivanova, V., Atyukova, O., & Nosov, V. (2019). Inclusive education as a basis for sustainable development of society. Journal of Social Studies Education Research, 10(3), 118–135.

Haryati, L. F., Radiusman, Nurmawanti, I., Anar, A. P., & Widodo, A. (2020). Optimalisasi penggunaan media pada anak berkebutuhan khusus di MI NW Tanak Beak Narmada. Progres Pendidikan, 1(2), 88–97.

Hermanto, H., Wiyono, B. B., Imron, A., & Arifin, I. (2016). Analisis potensi dan masalah pada fase konseptualisasi pengembangan model supervisi pembelajaran di sekolah dasar inklusi. JKP (Jurnal Pendidikan Khusus), 12(1), 14–30.

Indah, A. N., & Masitoh, S. (2013). Sensory Integration Terhadap Kemampuan Bicara Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3).

Iryayo, M., Anggriyani, D., & Herawati, L. (2018). Educational Partners’ Perception Towards Inclusive Education. INKLUSI, 5(1), 25.

Kamaludin, A. (2015). Identifikasi media pembelajaran Kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada SMA/MA inklusi di Yogyakarta. INKLUSI, 2(2), 259.

Komariah, F. (2018). Program Terapi Sensori Integrasi bagi Anak Tunagrahita di Yayasan Miftahul Qulub. INKLUSI, 5(1), 45.

Lestari, F. (2017). Metode guru BK dalam mengatasi problem penyesuaian diri pada anak berkebutuhan khusus. INKLUSI, 2(2), 273.

Mardini, S. (2015). Increasing interest in learning children with special needs model through regular class pull out State Elementary School of Giwangan Yogyakarta. Jurnal.Uad.Ac.Id, 2(1).

Maulana, M. (2007). Anak Autis: Mendidik Anak Autis dan Gangguan Mental Lain Menuju Anak Cerdas dan Sehat. Yogyakarta: Katahati.

Nuryetty, M. T. (2011). Kesulitan fungsional penduduk Indonesia. In Badan Pusat Statistik.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) nomor 70 tahun 2009 tentang pendidikan inklusif bagi peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan/atau bakat istimewa. , Pub. L. No. 70 (2009).

Sriwarthini, N. P. N., Wardani, K. S. K., Rahmatih, A. N., Nurwahidah, & Astria, F. P. (2020). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Implementasi Program Pendidikan Inklusif Di SDN 20 Mataram. Progres, 1(2), 106–114.

Sulthon, S. (2019). Pendidikan Dasar Inklusif di Kabupaten Pati: Harapan dan Kenyataan. INKLUSI, 6(1), 151.

Suminar, R. E. (2015). Identifikasi kemudahan penyandang difabilitas dalam melakukan pergerakan dengan menggunakan moda transportasi. INKLUSI, 2(1), 155.

Sunanik, S. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara dan Terapi Sensori Integrasi pada Anak Terlambat Bicara. Nadwa, 7(1), 19.

Tichá, R., Abery, B., Johnstone, C., Poghosyan, A., & Hunt, P. (2018). Inclusive Education Strategies: A Textbook.

Wardani, K. S. K., Sriwarthini, N. L. P. N., Rahmatih, A. N., Astria, F. P., & Nurwahidah. (2020). Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di SDN 20 Mataram. Progres Pendidikan, 1(2), 99–105.

Wardi, J., Liviawati, & Putri, G. E. (2017). IBM UKMK di Bidang Akuntansi dan keuangan Desa di Kecamatan Bunut Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau, Indonesia. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 29–34.

Widodo, A. (2020a). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1.

Widodo, A. (2020b). Penyimpangan Perilaku Sosial Ditinjau dari Teori Kelekatan Bowlby (Studi Kasus Terhadap Anak Tenaga Kerja Wanita di Lombok Barat). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 35–50.

Widodo, A., Haryati, L. F., Maulyda, M. A., Umar, & Erfan, M. (2020). Proses identifikasi peserta didik berkebutuhan khusus di MI NW Tanak Beak Kabupaten Lombok Barat. Progres Pendidikan, 1(2), 63–71.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan KeIslaman, 11(1), 1–21.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(2), 102.

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pendidikan Karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Studi Kasus Terhadap Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusif di Lombok Tengah). JENDELA PENDIDIKAN, 9(2).

Widodo, A., Rahmatih, A. N., Novitasari, S., & Nursaptini. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) di Madrasah Inklusi Lombok Barat. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 39–48.

Winarti, W. (2015). Identifikasi Ketuntasan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Fisika Bagi Peserta Didik Difabel Netra Di Sekolah Inklusi. INKLUSI, 2(2), 233.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.