PELATIHAN KOMPUTER AKUNTANSI DASAR DENGAN SOFTWARE ACCURATE PADA SMA HUSNI THAMRIN MEDAN

Culita Culita, Zulpa Salsabila, Sophya Hadini Marpaung

Abstract

Penggunaan software accounting menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam bisnis, sehingga sumber daya manusia juga harus mengikuti perkembangan tersebut. SDM dituntut harus terbiasa dan mahir mengoperasikan komputer dan menggunakan aplikasi untuk mengolah berbagai data dan transaksi bisnis. Dunia pendidikan juga turut serta dalam semua perkembangan teknologi tersebut. Di SMA Husni Thamrin Medan ada 2 peminatan yang sama seperti disekolah menengah atas pada umumnya, yaitu ilmu alam dan ilmu sosial. Siswa/i yang mengambil jurusan ilmu sosial dibekali dengan pengetahuan akuntansi dasar. Namun pembelajaran akuntasi dalam sekolah masih sebatas pengolahan data manual dan perhitungan manual berdasarkan teori akuntansi. Pihak sekolah menyatakan bahwa siswa/i tersebut tidak memiliki pengalaman mengenai penggunaan aplikasi akuntansi (terkomputerisasi) dalam mendukung pembelajaran akuntansi dasar. Sementara, saat ini sudah banyak muncul aplikasi-aplikasi yang bisa memudahkan pengguna untuk mencatat transaksi dengan akuntansi terkomputerisasi. Untuk mendukung pihak sekolah dalam memberikan pembelajaran yang lebih praktikal, maka tim pelaksana pengabdian pada masyarakat kali ini memberikan pelatihan mengenai penggunaan aplikasi akuntansi Accurate dalam mendukung pembelajaran akuntansi dengan metode pencatatan transaksi yang sudah terkomputerisasi dan tidak hanya sebatas teoritis saja.

Full Text:

PDF

References

Betwan, B. (2019). Pentingnya Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Pai Di Sekolah. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 2(1), 45-60.

Diyani, L. A., Rahman, H. A., & Wijaya, I. (2019). Peningkatan Kemampuan Komputerisasi Akuntansi Perusahaan Dagang Menggunakan “Accurate”. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Djashan, I. A. (2018). Peningkatan Kualitas Lulusan Siswa Melalui Pelatihan Komputer Akuntansi Dasar Berbasiskan Accurate. Sakai Sambayan Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 110-114.

Feniuntari, T., & Widayati, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions Berbantu Roll Spin Accounting Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Akuntansi 2 Smk Ypkk 2 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(7).

Hudha, C. (2017). Pengaruh tingkat pendidikan, pengetahuan akuntansi dan pelatihan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi dimoderasi ketidakpastian lingkungan usaha kecil menengah. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 68-90.

Knapp, T. R. (2016). Why is the one-group pretest–posttest design still used?.

Kusumawardani, A., Irwansyah, I., Setiawati, L., Ginting, Y. L., & Khairin, F. N. (2018). Urgensi Penerapan Pendidikan Akuntansi Berbasis Akuntansi Sosial Dan Lingkungan. Ekuitas (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 2(1), 65-82.

Nasution, D. A. D., Dwilita, H., & Arnita, V. (2019). Pengembangan Kewirausahaan Di SMA Negeri 1 Sunggal Kabupaten Deli Serdang Melalui Kegiatan Pelatihan Akuntansi. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 2(2), 110-119.

Wirawan, A. R. (2017). Perancangan Media Board Game menggunakan Pendekatan Edutainment untuk meningkatkan Minat Belajar Dasar Akuntansi pada Sekolah Menengah Atas Jurusan Sosial. Akuntansi dan Teknologi Informasi, 11(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.