PEMBERDAYAAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH

Tursina Ratu, Adnan Adnan, Riadi Suhendra, Sri Nurul Walidain, Nurhairunnisah Nurhairunnisah

Abstract

Peserta didik merupakan cikal bakal sebagai calon pendidik yang memiliki peranan penting terhadap peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Kondisi ini tentunya mengisyaratkan bahwa sebagai calon pendidik masa depan sudah seharusnya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidangnya. Namun pada kenyataannya, hal tersebut belum sejalan dengan keadaan yang ada di lapangan. Berdasarkan analisis awal terhadap peserta didik diperoleh bahwa wawasan peserta didik dalam hal metodologi penelitian masih cukup rendah yang ditunjukkan dengan minimnya pengetahuan mereka dalam hal mengakses data berupa informasi mengenai cara menyusun karya tulis ilmiah sesuai dengan kaidah penulisan ilmiah serta cara mempublikasikan artikel ilmiah. Oleh sebab itu, pelaksanaan kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan menyusun karya tulis ilmiah. Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah peserta didik di salah satu Universitas yang ada di Kabupaten Sumbawa yang berjumlah 28 orang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini berupa penyajian materi (persiapan penulisan naskah artikel, cara penulisan artikel ilmiah, dan publikasi artikel ilmiah), pelatihan, coaching clinic dan evaluasi kegiatan. Luaran kegiatan pengabdian yang dihasilkan adalah mahasiswa selaku calon pendidik memiliki pemahaman dan keterampilan dalam hal penyusunan dan publikasi karya tulis ilmiah.

Full Text:

PDF

References

Dikti. (2012). Surat DIRJEN DIKTI No.152/E/T/2012: Wajib Publikasi Ilmiah bagi S1/S2/S3. Diakses pada tanggal 29 Oktober 2020 pada https://lldikti12.ristekdikti.go.id/2012/02/01/surat-dirjen-dikti-no-152et2012-tentang-wajib-publikasi-ilmiah-bagi-s1s2s3.html.

Gunawan, Mardhia, D., Yahya, F., Kausari, N., & Masniadi, R. (2020). Penyuluhan tentang Peluang dan Tantangan Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. 3(2). 84-89.

Isa, S. M., Soewito, B., & Gunawan, F. E. (2016). Pengaruh Perangkat Lunak Managemen Referensi Pada Peningkatkan Motivasi Publikasi Para Pendidik. Ethos: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian. 243–248.

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2 (1), 124-132.

Peraturan Pemerintah RI no.19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.

Ratu, T., Nurhaerunnisah, Musahrain, & Hermansyah. (2020). Pemberdayaan Peserta Didik Sumer Payung Melalui Literasi Sains Terhadap Peningkatan Minat Baca dan Berpikir Kritis. Jurnal Karya Abadi. 4(1), 8-13.

Saman, A., & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa STKIP ANDI Matappa Kabupaten. Jurnal Terapan Abdimas. 3(1), 39–43.

Sugiarti, Anggraini, P., & Musaffak. (2015). IbM Karya Tulis Ilmiah (KTI) Guru SMP Muhammadiyah 8 Batu

Refbacks

  • There are currently no refbacks.